Masih Ditunggu, 3 Kabupaten Belum Ajukan Pencairan Bantuan Keuangan

uang26.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Riau Kamsol mengatakan, dari 12 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau, ada tiga kabupaten yang belum mengajukan pencairan bantuan keaungan (Bankeu) gaji guru bantu pendidikan dasar (Dikdas).

Tiga kabupaten yang belum mengajukan pencairan Bankeu ini adalah Kabupaten Kampar, Rokan Hilir, dan Kuantan Singingi. 

 

 

“Masih ada tiga daerah lagi yang belum mengajukan pencairan honor guru Dikdas. Untuk sembilan kabupaten/kota lainnya sudah mengajukan. Bahkan sudah dibayarkan ke masing-masing guru Dikdas melalui rekening daerah,” katanya, Minggu, 18 April 2022.

 

Kamsol juga mengatakan, proses pengajuan anggaran tersebut secepatnya harus dilakukan agar bisa cair sebelum lebaran. Seharusnya, pengajuan pencairan tidak lambat, karena petunjuk teknisnya sudah pihaknya kirimkan jauh-jauh hari.

 


“Kalau memang ada yang kurang atau tidak mengerti, segera sampaikan kepada kami. Kapanpun kami layani. Saya juga siap kapanpun meneken pencairannya ke BPKAD setelah diverifikasi. Kasian guru-guru honor Dikdas masih menunggu gaji mereka,” ujarnya.

 

Kamsol berharap kabupaten-kabupaten yang belum mengajukan pencairan agar segera mengurus proses pencairan. Karena sejak sebelum bulan ramadan, pihaknya telah mengirimkan surat ke pemerintah kabupatenkota untuk segera melakukan proses pencairan Bankeu guru Dikdas. 

 

“Kalau yang sudah melakukan pencairan, sudah ditransfer ke masihg-masing guru Dikdas. Tapi ingat, sesuai dengan hasil verifikasi yang diajukan oleh kabupaten/kota, dimana jumlah data yang masuk dan berhak menerima gaji guru bantu Dikdas sebanyak 3.383 guru,” pungkasnya.