Punya Ayah Mertua Galak, Begini Cara Mengambil Hatinya

ayah-mertua.jpg
((unsplash.com))

RIAUONLINE - Selain menikahi anaknya, menantu juga perlu mengambil hati keluarga pasangan, khususnya ayah mertua yang kerap terlihat lebih tegas dan galak dibandingkan ibu mertua.

Ini perlu dilakukan karena menikah bukan sekadar menyatukan dua hati suami istri, tapi juga menyatukan dua keluarga.

Lantas, bagaimana cara mengambil hati ayah mertua? Berikut ini 5 tips yang bisa dilakukan para menantu, mengutip Times of India.

1. Jangan Mencela Anaknya

Jangan mencela anaknya atau pasangan Anda di depan ayah mertua. Baik itu dalam bentuk kritik atau lelucon. Hargai pasangan Anda di depan mertua, dan beritahu mereka bahwa anaknya berada di tangan yang tepat dan dalam kondisi baik saat ini.

2. Tetap Berhati-hati tapi Cobalah Terbuka


Saat berbicara dengan ayah mertua, cobalah untuk bersikap terbuka, tapi usahakan tetap berhati-hati. Misalnya jika memiliki pandangan politik atau agama yang berbeda, cobalah untuk tidak menyinggung pembahasan itu.

Ini karena generasi tua lebih sensitif, dan Anda tidak tahu apa yang akan memicu pertengkaran. Bicaralah soal kenangan lama, pekerjaan pertama, hingga masalah pekerjaan tapi yang ringan saja.

3. Minta Pendapatnya

Jangan hanya meminta pendapat ibu mertua, pendapat ayah mertua juga penting. Ini akan membuat ia merasa penting dan diakui.

4. Habiskan Waktu Bersama

Cari waktu dimana Anda bisa menghabiskan waktu yang berkualitas bersamanya. Seperti menonton pertandingan sepakbola, badminton, hingga balap motor.

Anda juga bisa berusaha ikut menggeluti hobinya, misalnya suka berkebun, Anda bisa bantu menanam atau bahkan meminta tips menanam sesuatu.

5. Buat Dia Merasa Spesial

Jika sudah coba menekuni hobinya, Anda bisa membuatnya merasa spesial dengan memberikan hadiah terkait hobi tersebut. Tidak perlu mahal, tapi bijak dalam memilih hadiah tersebut.

Artikel ini sudah tayang di suara.com