6 Tanda Badan Anda Butuh Istirahat

tidur-tengkurap.jpg
(net)

RIAUONLINE - Digunakan untuk berbagai aktivitas, tentu saja tubuh butuh istirahat memadai supaya bisa terus berfungsi dengan baik. Saat kamu abai untuk memberinya istirahat yang cukup, biasanya tubuh akan memberikan sinyal-sinyal gak beres. Seperti apa tanda-tanda tubuh kamu kurang istirahat? Berikut akan diulas pembahasannya. Simak terus, ya!

1. Sering merasa lelah

Merasakan lelah setelah bekerja seharian sangatlah wajar. Akan tetapi, kalau kamu gak begitu banyak melakukan aktivitas tapi rasa lelah ini konstan dialami, itu artinya tubuh kamu sudah terlalu diforsir.

2. Susah konsentrasi

Perusahaan yang benar-benar memperhatikan kesehatan karyawannya biasanya akan memberi waktu karyawan untuk beristirahat dan tidak diminta untuk lembur terus-terusan. Mereka sadar bahwa tingkat produktivitas dapat menurun bila karyawannya kurang mendapat istirahat dari yang seharusnya.

Salah satu hal yang kerap dialami karyawan yang kurang istirahat, adalah susah konsentrasi. Akibatnya, pekerjaan yang harusnya bisa diselesaikan dengan cepat butuh waktu lebih lama.

3. Susah tersenyum


Hal selanjutnya yang bisa jadi sinyal kalau kamu butuh istirahat, adalah susah tersenyum. Bagaimana bisa menunjukkan wajah ceria, kalau badanmu sebenarnya lelah dan terus dipaksa untuk beraktivitas.

Cobalah untuk memberi tubuh waktu istirahat yang cukup. Dengan demikian, otak pun bisa beristirahat sehingga kamu jadi gak gampang stres, dan wajar bisa ceria kembali.

4. Sering berpikir negatif

Hal ini ada kaitannya dengan kemampuan mengelola stres. Untuk bisa mengendalikan stres dengan baik, otak membutuhkan waktu untuk memulihkan diri, yakni dengan tidur cukup.

Kurang tidur, membuat otak gak bisa berfungsi normal. Akibatnya, kamu mudah stres dan gampang berpikir negatif.

5. Pola makan berantakan

Ciri selanjutnya kalau istirahatmu bermasalah, adalah pola makanmu jadi ikut berantakan. Nafsu makanmu jadi tidak terkendali, atau sebaliknya jadi gak selera makan.

Tentu saja kedua hal tadi gak sehat. Terlalu banyak makan bisa menimbulkan berbagai penyakit berat, misalnya diabetes. Kurang makan mengakibatkan tubuh kekurangan energi.

6. Suasana hati berubah-ubah

Kurang istirahat juga dapat memengaruhi mood kamu, lho. Dulu yang biasanya kalem, sekarang suasana hatimu gampang sekali berubah. Sebentar senang, gak lama kemudian sedih.

Artikel ini sudah tayang di yoursay.id/ suara.com