Desa Wisata Di Riau Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi

Syamsuar259.jpg
(Media Center Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan mengoptimalisasi keberadaan desa wisata di Riau untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi daerah.

 

Selain dengan optimalisasi desa wisata, promosi destinasi wisata, pemberdayaan desa wisata juga tak boleh luput dari perhatian. 

 

“Karena itu, tentunya fokus kami sekarang ini harus pemanfaatan desa-desa wisata,” katanya.

 

 

Syamsuar meyakini, sektor pariwisata saat ini menjadi salah satu harapan pemerintah daerah (pemda) untuk pemulihan ekonomi setelah terpuruk dilanda pandemi Covid-19.

 

Lebih lanjut, Syamsuar jmeminta kepada pemerintah kabupaten/kota untuk terus menggali potensi daerah yang memungkinkan untuk terciptanya potensi pengembangan wisata baru.

 

Cara ini dianggap cukup efektif untuk mengangkat tingkat kunjungan wisatawan domestik di daerah masing-masing. 

 


“Sekarang kita tak bisa berharap dengan Wisman. Tapi, dari data yang ada memang tingkat kunjungan wisatawan domestik tinggi. Sebab itu perlu digali lagi potensi-potensi daerah wisata baru,” ujarnya.

 

 

 

 

Upaya lain yang bisa dilakukan untuk menghidupkan kembali potensi perekonomian di sektor pariwisata, yakni membuka kembali setiap event wisata budaya, yang mana selama pandemi Covid-19 ditutup dengan alasan keamanan.

 

“Ini juga cukup kuat daya tariknya. Bukan cuma di daerah Riau, bahkan dari luar Riau. Maka dari itu, harapan saya jumlah kunjungannya semakin meningkat,” pungkasnya.