Kapan Bulan Puasa dan Hari Raya Idul Fitri yang Dinanti Umat Muslim di Dunia

pasar-ramadan.jpg
(DEFRI/ RIAUONLINE)

RAU ONLINE, PEKANBARU-Setiap umat muslim di Dunia tentu sangat merindukan datangnya Bulan Ramadan 1444 Hijriah. 

 

Bagaimana tidak, banyak keistimewaan yang ada di bulan Ramadan, selain amal baik dilipat gandakan, juga ada malam yang lebih baik dari 1000 malam, yakni malam Lailatul Qadr. 

 

Sampai saat ini Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) belum menetapkan kapan jatuhnya permulaan puasa atau 1 Ramadhan 1443 Hijriah dalam kalender Masehi. 

 

 Untuk menentukan permulaan Ramadan dan Idul Fitri, Kemenag menggunakan 2 cara, yaitu hisab dan juga rukyatul hilal. 

 

Cara penentuan awal puasa Ramadan dan Idul Fitri oleh Kemenag dilakukan dengan perhitungan matematis dan astronomis ditambah pengamatan langsung terhadap penampakan bulan. Hasilnya akan diumumkan setelah sidang isbat

 

Di sisi lain, organisasi massa Islam Muhammadiyah memberikan perkiraan permulaan puasa Ramadan dan Idul Fitri 2022. 

 

Menurut prediksi dalam Kalender Islam Global 1443 H yang diterbitkan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, awal puasa Ramadan 2022 diperkirakan akan jatuh pada Sabtu, 2 April 2022. 

 


Menurut Kalender Islam Global itu, 30 Ramadan 1443 Hijriah atau hari terakhir puasa akan jatuh pada Minggu, 1 Mei 2022. Kemudian Idul Fitri atau Lebaran akan jatuh pada 2 dan 3 Mei 2022. 

 

 

 

 

Akan tetapi, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah menyatakan sampai saat ini model Kalender Islam Global 1443 Hijriah masih merupakan purwarupa. 

 

Jika nantinya terdapat perbedaan maka yang menjadi panduan adalah Kalender Hijriah Muhammadiyah yang dicetak dan diterbitkan oleh suara Muhammadiyah.