Meminimalisir Vaksin Kedaluwarsa, Dinas Kesehatan Punya Cara Jitu

moderna6.jpg
(japan times)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Zainal Arifin mengatakan, untuk menghindari banyaknya vaksin Covid-19 yang akan kadaluarsa (expired date), maka perlu adanya optimalisasi vaksinasi.

 

Pihaknya akan memprioritaskan vaksin yang lebih dahulu masuk, untuk didahulukan juga dipakainya agar tidak ada vaksin yang akan kadaluarsa.

 

Zainal menjelaskan, dengan mekanisme pendistribusian vaksin yang tepat, maka akan meminimalisir jumlah vaksin yang expired.

 

 

"Kalaupun ada, jumlahnya tidak besar lah dalam nominal angka yang masih bisa ditoleransi," katanya.

 

Lebih lanjut, Zainal juga mengatakan, capaian vaksinasi di Riau saat ini tak lepas dari bantuan dari TNI-Polri dan semua pihak, termasuk organisasi masyarakat dan organisasi profesi.

 

"Dan kami masih akan memaksimalkan pihak-pihak lain, yang akan diberdayakan lagi agar capaian vaksinasi di Riau maksimal,” pungkasnya.


 

Diberitakan sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan (Plt Kadiskes) Provinsi Riau, Masrul Kasmy mengatakan, terdapat 30.516 dosis vaksin yang akan kadaluarsa atau expired date dari tanggal 11 Maret hingga 28 Maret 2022.

 

 

“Dosis vaksin yang akan expired ini tersebar di kabupaten/kota di Provinsi Riau,” katanya saat rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Gedung Daerah Balai Serindit, Jumat, 4 Maret 2022.