5 Tips Ampuh Usir Rasa Malas

Mengantuk.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Malas adalah perasaan negatif yang selalu berusaha mencegah kita apabila kita hendak melakukan sesuatu hal. Meskipun manusiawi, rasa malas tetap wajib kamu waspadai.

Sebab, jika keberadaannya terus dibiarkan, kemalasan itu akan mengakar kuat di dalam diri dan semakin sulit untuk dihilangkan. Segera upayakanlah lima cara di bawah ini untuk mengusir rasa malas.

1. Tanpa berpikir panjang lagi, langsung lakukan semuanya sekarang

Rasa malas erat hubungannya dengan kebiasaan menunda-nunda. Saat kamu memilih untuk menunda apa yang ingin kamu lakukan, itu artinya kamu takluk pada rasa malasmu. Sehingga rasa malas akan punya kendali lebih terhadap dirimu.

Oleh sebab itu, setidaknya kamu harus menyegerakan hal yang mesti kamu kerjakan saat itu juga, kendati cuma sebentar. Yang terpenting kamu telah berhasil melawan rasa malasmu.

2. Pecah tugasmu menjadi beberapa bagian kecil

Dihadapkan langsung pada setumpuk pekerjaan bisa menjadi penyebab timbulnya rasa malas. Untuk mengatasinya, kamu bisa memecah tugasmu menjadi beberapa bagian yang lebih kecil.

Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengerjakannya. Bahkan, dikerjakan secara menyicil pun tidak masalah, asalkan selesai sebelum deadline.


3. Yang paling mudah diselesaikan paling awal

Langsung berkutat pada tugas yang tergolong sulit, tentunya akan membuat mood cepat berantakan, dan ujungnya bikin malas. Makanya, penting untuk mengurutkan terlebih dahulu pekerjaan mana yang sekiranya lebih mungkin untuk diselesaikan secara cepat.

Setelah semua tugas remeh terselesaikan, barulah kamu boleh menyentuh tugas yang tingkatannya lebih tinggi. Ingat, mempersulit diri sendiri di awal, sama saja dengan mengundang rasa malas.

4. Menyiapkan self reward

Menjanjikan self reward untuk diri sendiri apabila kamu berhasil menuntaskan sesuatu, sangat ampuh buat menghalau rasa malas. Dengan cara ini kamu akan lebih bersemangat dan termotivasi untuk sesegera mungkin merampungkan seluruh tanggung jawabmu.

Namun, ingat, kamu juga harus menetapkan target yang wajib kamu penuhi sebagai syarat untuk menentukan seberapa pantas kamu menerima penghargaan tersebut.

5. Rajin memperbarui suasana

Melakukan hal monoton di tempat yang sama, setiap hari, tentunya sangat menjenuhkan. Nah, rasa bosan yang teramat ini dapat berujung pada kemalasan. Karena itulah sangat penting untuk sebisa mungkin menghindari rasa bosan.

Salah satu cara yang bisa diupayakan adalah, dengan mengganti suasana tempat yang biasa kamu gunakan ketika mengerjakan sesuatu. Percayalah, suasana baru mampu melahirkan semangat baru.

Saat rasa malas tiba-tiba menyerangmu, biasanya apa yang kamu lakukan untuk menghilangkannya? Jika masih bingung, beberapa cara di atas layak kamu coba.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Artikel ini sudah tayang di Yoursay.id/ SUARA.com