Waspada!, Lonjakan Kasus Aktif Covid-19 di Pekanbaru Capai 3.290 kasus

zain-rizaldy.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru terus mengalami lonjakan sejak awal penerapan PPKM level 3. Hampir sepekan penerapan PPKM level 3 di Kota Pekanbaru, kasus Covid-19 melonjak jadi 3.290 kasus.

Data dari Satgas Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru, ada penambahan kasus sebanyak 1.508 kasus dalam lima hari. Sedangkan pada 15 Februari 2022 atau hari pertama penerapan PPKM level 3 jumlah kasus Covid-19 sebanyak 1.782 kasus.

"Kasus Covid-19 masih meningkat karena banyaknya kontak erat yang terkonfirmasi, lebih dari 50 persen penambahan kasus dari kontak erat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Minggu 20 Februari 2022.

Tim mendapati banyak kontak erat yang terkonfirmasi positif Covid-19. Kondisi ini membuat kasus harian pun cenderung meningkat. Satu hari kasus Covid-19 pada akhir pekan kemarin mencapai 499 kasus.


Zaini menyampaikan bahwa saat ini interaksi pasien terkonfirmasi tidak berasal dari luar kota. Mereka justru tertular dari pasien yang terkonfirmasi lebih dahulu.

Tim juga mendapati kebanyakan yang terkonfirmasi positif berasal dari klaster keluarga.

"Klaster keluarga ini muncul karena satu anggota keluarga tertular dari kontak dengan pasien positif di sekitarnya," pungkasnya.