Asyik, Disdikbud Riau Wacanakan Kenaikan Gaji Guru Bantu: Baru Verifikasi

uang32.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Riau, Kamsol mengatakan, untuk rencana kenaikan gaji guru bantu, pihaknya baru selesai verifikasi faktual data guru bantu pendidikan dasar (Dikdas) Provinsi Riau. 

 

Dari hasil verifikasi faktual, pihaknya telah mendapatkan data-data aktual terkait jumlah guru bantu Dikdas Provinsi Riau. 

 

Saat ini, Kamsol menjelaskan, total guru bantu Dikdas Provinsi Riau tinggal 3.330 orang, setelah dikurang 600 orang. 

 

 

“Terdapat lebih kurang 600 guru bantu Dikdas Provinsi Riau lulus sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” katanya, Senin, 14 Februari 2022.

 

Kenaikan gaji guru bantu Dikdas Provinsi Riau bisa dilakukan dianggaran perubahan. Sebab jika ada pengurangan 600 orang lebih guru bantu Dikdas, maka ada kemungkinan dana itu bisa dialihkan untuk meningkatkan gaji guru bantu Dikdas kedepannya. 

 

"Jadi ada peluang besar. Jika di anggaran perubahan 2022 tidak ada yang bisa dipindahkan untuk itu, maka anggaran dari pengurangan 600 guru bantu Dikdas itu bisa dilakukan. Itu nanti yang kita usulkan, karena ini merupakan permintaan pak Gubernur," ucapnya.

 


Rencana kenaikan gaji ini juga nantinya melihat kondisi keuangan daerah. Untuk pembayaran gaji guru bantu ini juga, pihaknya masih mempelajari regulasinya, sehingga tidak lagi dibayar melalui bantuan keuangan. 

 

 

“Karena kalau bantuan keuangan ini lama prosesnya, bisa memakan waktu dua sampai tiga bulan. Kedepan bagaimana gaji guru bantu Dikdas ini bisa langsung diterima mereka," pungkasnya.