Cuma Butuh 7 Menit, Gerakan Ini Dapat Mencerdaskan Otak Kamu

otak3.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Olahraga dapat melancarkan aliran darah di tubuh, termasuk aliran darah di otak, sehingga dapat membugarkan otak. Semua gerakan di tubuh diatur dan diurusi oleh otak, sehingga dengan menggerakkan tubuh, otak akan terberdayakan. Otak menyimpan informasi dengan menggunakan asosiasi.

 

Apabila ada penguatan informasi lama dan penambahan informasi baru maka sel-sel otak segera berkembang membentuk hubungan-hubungan baru. Semakin banyak jalinan saraf terbentuk, semakin lama dan kuat informasi itu disimpan.

 

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Otak, Luar biasa! gerakan 7 menit ini dapat mencerdaskan otak kamu, simak ulasannya berikut ini.


 

Dengan memperhatikan prinsip gerak yang dapat menstimulasi kecerdasan otak, maka disusun suatu gerakan yang bisa dilakukan hanya dalam waktu tujuh menit. Gerak tersebut terangkai sebagai berikut (masing-masing 2x8 hitungan).

  1. Merasakan pengambilan nafas dalam dan pengeluaran pelan melalui mulut sambil menggerakkan kedua tangan ke atas untuk kemudian mendorongnya ke depan. Gerakan ini akan meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, disamping menambah oksigen otak.
  2. Regangkan kedua tangan lurus ke atas dengan telapak tangan menghadap ke atas dan jari saling terkait. Pertahankan 4 hitungan sebelum dibawa condong ke kiri 4 hitungan. Kembali regang ke atas 4 hitungan dan ganti dibawa ke kanan 4 hitungan. Lakukan dengan penuh perasaan dan sadari posisi tubuh. Gerakan ini akan memberdayakan hubungan otak-tubuh.
  3. Regangkan kedua tangan ke depan dengan jari tetap saling terkait. Pertahankan 4 hitungan sebelum dibawa ke samping kiri sambil memutar togok. Kembali regang ke depan dan bawa ke samping kanan sambil memutar togok. Gerakan ini merangsang pembelajarn gerak dari seluruh komponen tubuh.
  4. Bungkuk dan regang ke bawah 4 hitungan untuk kemudian kembalikan ke atas belakang juga dalam 4 hitungan. Dengan merasakan gerakan ini, hubungan otak-tubuh akan terstimulasi.
  5. Silangkan kaki kanan ke depan kaki kiri dengan menjulurkan kedua tangan ke samping kanan, lakukan bounching sebelum ganti dengan tangan dan kaki yang lain. Gerakan kontralateral akan merangsang otak untuk berpikir.
  6. Lakukan gerak merayap ke atas dengan urutan tangan kanan, kaki kanan, tangan kiri, kaki kiri. Bayangkan seperti memanjat jarring-jaring. Gerakan ini akan menstimulasi batang otak sehingga memperbaiki kerja jantung dan paru.
  7. Otak, Luar biasa! gerakan 7 menit ini dapat mencerdaskan otak kamu selanjutnya adalah silangkan lengan bawah di depan perut dan tarik ke atas-belakang sambil mengangkat kaki ke belakang bergantian. Tolehkan kepala searah dengan kaki yang diangkat. Gerakan ini akan merangsang mata untuk mengikuti jejak penglihatan.
  8. Langkahkan kaki kanan ke samping sambil mengangkat tangan kanan. Ganti dengan kaki dan tangan kiri. Gerakan ipsi lateral ini memaksa otak berpikir.
  9. Angkat kaki kanan dan bawa paha menyilang garis tengah, sambil mengayunkan kedua tangan dari kiri atas ke samping kanan bawah seperti gerakan mendayung. Ganti dengan kaki kiri. Gerakan menyilang garis tengah ini akan menyeimbangkan otak kanan dan kiri.
  10. Rentang kedua tangan ke samping-atas-silang-atas-silang-atas-samping[1]silang ke belakang di belakang panggul. Gerakan ini akan menstimulasi corpus callosum untuk menyeimbangkan otak kanan dan kiri.
  11. Tangan kanan mendorong ke bawah sambil diikuti oleh kecondongan togok ke kanan. Tegakkan kembali togok sebelum ganti arah ke kiri, sambil katakana pada diri sendiri untuk selalu kembali ke keadaan seimbang.
  12. Ayunkan kedua tangan ke depan sampai kedua kaki jinjit. Kembalikan ayunan sampai togok membungkuk, sebelum kembali pada posisi tegak. Gerakan ini akan menstimulasi hubungan otak tubuh apabila keseluruhan gerak dihayati.
  13. Putar bahu ke belakang sambil mengambil nafas dalam dan menghembuskannya pelan. Ganti arah putaran ke depan, masing-masing dalam 4 hitungan. Gerakan ini akan menenangkan dan menyiagakan otak untuk belajar dan berpikir.

Gerakan sederhana yang tidak membutuhkan waktu lama ini dapat membugarkan otak dan merangsang berbagai pusat keceerdasan, sehingga mampu mendukung usaha pencerdasan insan Indonesia.

Gerakan tersebut dapat dilakukan dimanapun, kapanpun, dan oleh siapapun yang sedang membutuhkan kebugaran otak. sebelum memulai pembelajaran setiap pagi, sebelum memulai kerja dan pada waktu istirahat.

Sekian informasi mengenai Otak, Luar biasa! gerakan 7 menit ini dapat mencerdaskan otak kamu. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.

Sumber : Dr.dr.BM.Wara Kushartanti Klinik Terapi Fisik FIK-UNY Litbang KONI DIY