Musik Jazz Melayu Semakin Eksis

jazz-melayu4.jpg
(locita.co)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Musik Melayu adalah aliran musik tradisi yang berkembang di wilayah pantai timur Sumatra, Kalimantan, dan Semenanjung Malaya.

Musik ini biasanya dinyanyikan oleh orang-orang dari suku bangsa Melayu yang tidak jarang diiringi pula dengan tarian khas Melayu setempat dalam acara-acara persembahan seperti penyambutan tetamu kehormatan dalam perhelatan atau pesta adatdan kegiatan serimonial keagamaan.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Indonesia, Musik jazz melayu semakin eksis, simak ulasannya berikut ini.

Perkembangan musik di Pekanbaru

Pekanbaru merupakan ibu Kota Provinsi Riau yang memiliki perkembangan yang sangat cepat baik secara putaran ekonomi masyarakat maupun dalam perkembangan kesenian dan kebudayaan seperti musik-musik tradisional melayu yang sering dipertunjukkan di Kota Pekanbaru Riau.

Musik merupakan salah satu wujud dari kesenian yang dapat digunakan untuk melengkapi kebutuhan manusia secara nilai estetikanya.

 

 

Musik diartikan sebagai pengorganisasian bentuk dari suara, baik berupa kebisingan atau (noise) atau nada-nada yang harmonis selain fungsi pemenuhan kebutuhan akan nilai estetika, musik juga banyak memiliki kegunaan lain bagi setiap insan yang menikmatinya entah sebagai seorang pemain musik, maupun sebagai pendengar.

Musik jmenjadi sebuah bahasa yang dapat berlaku secara universal, tanpa mengenal pembagian seperti halnya: batas wilayah, usia, kelas, gender maupun strata sosial.

Musik memegang peranan penting dalam konteks kontinuitas dan perubahan kebudayaan, musik mengandung aspek-aspek struktural, estetika, fungsional, kontekstual, yang biasa juga berhubung erat dengan berbagai cabang seni lain seperti tari, sastra, teater, rupa, bahkan media, musik menjadi bahagian dari kehidupan seharihari, atau juga adat-istiadat, ritual, rahasia kelompok, dan lain-lainnya.


Musik jazz

Indonesia, Musik jazz melayu semakin eksis selanjutnya adalah musik jazz. Sebagai media untuk berkomunikasi musik jazz adalah merupakan salah satu bentuk aliran musik yang menjadi ciri khas musik Amerika.

Musik jazz ini kemudian mulai deikenal hampir keseluruh dunia, akar dari musik jazz ini sendiri adalah akar dari musik blues, musik blues menghasilkan musik yang nantinya bernama ragtime, dan ragtime inilah yang akhirnya menjadi sebuah akar dari musik jazz, banyak yang menginterpretasikan asal musik jazz ini berasal dari musik-musik mars tentara Amerika.

Terdapat perbedaan antara musik tradisi melayu dan musik jazz itu memiliki bentuk yang berbeda, tetapi dengan adanya perwujudan dari kreativitas grup geliga untuk menciptakan suatu karya inovasi. dari musik tradisi melayu menjadi musik tradisi melayu yang memilik citarasa musik jazz.

Sehingga bisa menumbuh kembangkan keinginan masyarakat “yang bukan penikmat seni” menjadi tertarik untuk melihat dan mendengar musik tradisi melayu jazz karena itu adalah suatu karya untuk pengembangan

Musik jazz Melayu

Dalam konteks budaya Melayu sendiri, integrasi antara musik dengan kesenian lainnya terwujud dalam konsep garapannya. Dengan demikian, budaya musik menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan kebudayaan melayu pada umumnya.

Secara fungsional, pertunjukan musik tradisional mengikuti aturan-aturan tradisional. Musik tradisi Melayu berkembang secara improvisasi, berdasarkan transmisi tradisi lisan.

 

Setiap musik mempunyai nama tertentu dan alat-alat musik mempunyai legenda asal usulnya. Pertunjukan musik mengikuti aturan dan menjaga etika permainan.

Di lain sisi, terdapat pula berbagai jenis musik selain yang sifatnya tradisi di dalam budaya Melayu, seperti musik populer Melayu, musik akulturatif modern seperti musik jazz dan lain-lainnya.

Sekian informasi mengenai Indonesia, Musik jazz melayu semakin eksis. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.

Sumber : Bakar, Abdul Latif Abu. (2000), Media Dan Warisan Seni Rumpun Melayu dalam Nusantara, Kuala lumpur: Jabatan Pengkajian Media Universiti Malaya