Omicron Diprediksi "Masuk" Riau di Februari, Syamsuar Siapkan Rumah Sakit

Syamsuar232.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, pemerintah melalui Kementrian Kesehatan memprediksi kemungkinan varian omicron akan terlihat di berbagai daerah pada bulan Februari.

 

“Kemungkinan omicron ini akan mulai kelihatan di berbagai daerah itu pada bulan Februari, maka  kita harus menyiapkan agar kita sudah siap jika terjadi peningkatan omicron di daerah-daerah,” katanya saat rapat Satgas Covid-19, Selasa,18 Januari 2022.

 

Untuk menghadapi varian omicron ini, ada beberapa langkah yang disampaikan Syamsuar. Beberapa di antaranya, langkah pertama, rumah sakit rujukan dan tempat isolasi terpusat di provinsi maupun di kabupaten dan kota di Riau menyediakan obat-obatan yang cukup. Juga memastikan kesiapan tenaga medis.

 

 

"Langkah kedua, Satgas yang telah ditunjuk melakukan kerjasama dengan perusahaan penyedia oksigen diwilayah Riau untuk memastikan ketersediaan oksigen," ujarnya.

 


Syamsuar menjelaskan, langkah ketiga yang bisa dilakukan agar menghindari varian omicron ini masuk ke Provinsi Riau dengan meningkatkan vaksinasi pertama, kedua, dan vaksin booster. 

 

 

“Termasuk juga meningkatkan vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun. Selain itu, upaya keempat yang tidak bisa diabaikan adalah dengan melaksanakan protokol kesehatan (prokes) yang ketat,” pungkasnya.