Keberagaman Budaya, Kenali 6 Cengkok Melayu

orang-melayu2.jpg
(facebook)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Melayu merupakan sebuah suku atau suatu kelompok masyarakat yang berbahasa Melayu. Di Indonesia suku bangsa Melayu mendiami sebagian besar provinsi Sumatera utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Kalimantan Barat.

Kebudayaan Suku Melayu di pengaruhi oleh unsur-unsur dari luar seperti dalam bidang kesenian. Bentuk Kesenian Melayu sebagian besar di pengaruhi oleh Timur Tengah, salah satunya lagu melayu yang memiliki cengkok khas.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Indonesia, Keberagaman budaya, kenali 6 cengkok melayu, simak ulasannya berikut ini.

Cengkok Melayu

Cengkok dilihat secara makna kata cengkok merupakan karakteristik sebuah alunan nada, cengkok ini mulai dikenal seiring berkembangnya musik ditanah air, tetapi cengkok lebih dikenal pada aliran musik dangdut dan melayu, itulah yang dikemukan oleh Yuni Syahroni.

Beliau juga mengatakan cengkok Melayu mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. Beliau memberikan nama pada cengkok Melayu ini awalnya hanya keinginannya sendiri agar cengkok Melayu mudah diajarkan.

 

Namun setelah orkes Melayu berkembang lebih jauh sehingga mereka bersepakat untuk membuat keseragaman dalam jenis-jenis cengkok pada orkes mereka, dan hingga sekarang mereka ajarkan kepada siapa saja yang bergabung dan ingin belajar cengkok lagu Melayu.


Motif cengkok pada Orkes Melayu Nada Serumpun ada 6 motif, yaitu cengkok tiong lompat, cengkok sri manis, cengkok ngayang, cengkok tandan pisang, cengkok tudong tangkup dan cengkok lipat pandan.

  1. Motif Cengkok Tiong Lompat

Tiong itu adalah nama burung yang biasa kita sebut burung Tiung. Jadi arti dari Tiong lompat ini adalah seekor burung tiung yang melompat. Cengkok lagu Melayu di filosofikan sebagai seekor burung tiung yang melompat dari satu dahan ke dahan yang lain, jadi begitu pula cengkok lagu Melayu dialunkan dari satu nada ke nada yang lain, namun juga ada aturan nya, seperti burung yang melompat dan pada lompatan terahir ada sebuah lompatan kecil untuk menyeimbangkan diri

  1. Motif Cengkok Sri Manis

Istilah cengkok ini di ambil dari nama sorang dara Melayu yang memiliki wajah cantik Menawan. Jika memandang wajah gadis ini,membuat siapa saja terpesona, sehingga banyak pemuda yang terpesona.

Begitu halnya cengkok dikaitkan dengan Sri manis, yaitu cengkok yang tak di duga biasanya berupa improvisasi yang menarik hati para pendengar, layaknya orang yang tertarik kepada Sri Manis.

Jadi, cengkok sri manis ini biasanya digunakan oleh penyanyi melayu untuk menarik perhatian pendengar agar lagu yang dinyanyikan terasa berbeda dengan lagu aslinya

  1. Motif Cengkok Ngayang

Indonesia, Keberagaman budaya, kenali 6 cengkok melayu selanjutnya adalah motif cengkok ngayang. Dalam bahasa Melayu berarti melayang. Melayang bisa saja terbang tertiup angin, melayang terbawa arus bahkan dapat melayang akibat terlempar.

Cengkok yang dikatakan cengkok ngayang yaitu cengkok yang seperti mengalir mengikuti keinginan penyanyi. Penyanyi mengalunkan suara sesuai keinginan hati, berimprovisasi sesuai kemauan, sedangkan pengiring harus cepat menanggapi atau dengan kata lain pengiring yang mengikuti penyanyi bukan penyanyi yang mengikuti pengiring.

Jadi pengiring harus cepat tanggap dan jeli terhadap penyanyi, agar akord yang dimainkan sesuai dengan yang dialunkan oleh penyanyi

  1. Motif Cengkok Tandan Pisang

Jika kita melihat setandan pisang, sekilas pandangan terlihat seperti sama bentuk dan besarnya. Cengkok yang dimaksud tandan pisang, disini yaitu cengkok yang interval cengkoknya itu seperti sama, suara dilekuk dengan motif yang sama dan dengan interval yang sama.

Cengkok ini terdengar datar dan monoton, namun di setiap ahir lekukan diberikan penekanan agar lagu terdengar lebih indah, jika dilihat seperti jarak dari buntut satu pisang ke pisang yang lain dalam satu tandan pisang. Begitulah cengkok difilosofikan seperti setandan pisang yang terlihat datar dan sama.

  1. Motif Cengkok Tudong Tangkop

Dalam bahasa Melayu adalah Tudong = tutup atau tudung atau sebuah alat penutup, sedangkan tangkop = ditutup atau ditungkup. Cengkok ini merupakan cengkok yang dimulai membuka suaara seoalah cengkok itu terbuka setelah itu baru membuat cengkok itu seolah tertutup. Cengkok ini biasa ditempat kan diujung kalimat lagu.

 

  1. Motif Cengkok Lipat Pandan

Cengkok diibaratkan sebuah tikar pandan yang dianyam dari atas kebawah kemuadian keatas lagi lalu kebawah dan begitulah seterusnya sehing menjadi sebuah tikar pandan. Cengkok lipat pandan disini di ibaratkan anyaman pandan dari atas kebawah atas lagi lalu kebawah dan seterusnya, biasa nya cengkok di mulai dari ketukan yang gantung. Cengkok lipat pandan ini biasa lebih banyak digunakan pada lagu-lagu jogged.

Sekian informasi mengenai Indonesia, Keberagaman budaya, kenali 6 cengkok melayu. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.

Sumber : Darmayani, Imam Ghazali, Agus Syahrani