3 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Berbicara di Depan Umum

berbicara-di-depan-umum.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Public speaking atau berbicara di depan umum adalah keterampilan berbicara kepada sekelompok besar orang. Public speaking juga merupakan sebuah proses komunikasi berkelanjutan, dimana pesan dan lambang terus berinteraksi di antara pembicara dan para pendengarnya.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Public speaking, Sebelum memulai, siapkan 3 hal ini dalam persiapan Public speaking, simak ulasannya berikut ini.

Mental

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan mental dengan cara rileks, atasi rasa gugup dengan menarik nafas panjang dan dalam. Kemudian gerakan badan sedikit untuk sekedar melemaskan otot yang kaku, berdiri dengan tegap selalu tersenyum. Tampil percaya diri dan jadilah diri sendiri.

 

Fisik

Jagalah mulut dan tenggorokan agar selalu basah, untuk itu siapkan air putih yang siap diminum jika dibutuhkan. Jangan makan dan minum yang akan mengganggu organ tubuh, seperti soda, makanan berlemak yang bisa membuat mual, makanan pedas atau asam. Tahan lah untuk mengkonsumsi panganan yang telah disebutkan tadi, minimal 1 jam sebelum tampil.

Materi

Public speaking, Sebelum memulai, siapkan 3 hal ini dalam persiapan Public speaking selanjutnya adalah materi. Siapkan materi dengan membaca literatur, menyusun kerangka materi dan yang terpenting adalah kuasai materi yang telah tersusun.

Jenis public speaking

Pidato, penyampaian gagasan, pikiran atau informasi serta tujuan dari pembicara kepada orang lain atau audience dengan cara lisan. Tentukan tema pidato yang baik dan menarik dengan kriteria harus sesuai dengan latar belakang pengetahuan pembicara, jelas ruang lingkup dan batasannya.

Lalu tentukan judul pidato yang relevan, provokatif dan singkat. Tujuan dari pidato adalah untuk memberitahu informasi, mempengaruhi pikiran khalayak atau pendengar melalui tanggapan dan rekreatif sebagai hiburan yang menyenangkan bagi pendengar.

Jenis pidato di antaranya pidato pembukaan, pidato pengarahan, pidato sambutan, pidato peresmian, pidato laporan dan pidato pertanggungjawaban.

Master of ceremony (MC)


Master of ceremony atau MC artinya adalah pemandu acara atau pengatur acara. Dengan demikian MC adalah orang yang bertugas memandu acara dan bertanggung jawab atas kelancaran serta suksesnya suatu acara.

MC bertindak sebagai tuan rumah suatu kegiatan atau acara, MC berperan mengembangkan suatu acara dan memperkenalkan orang yang akan tampil mengisi acara. Jenis acaranya meliputi acara formal seperti upacara bendera, wisuda, protokoler dan lain sebagainya.

Selanjutnya acara semi formal seperti pentas seni sekolah, gedung dan ulang tahun perusahaan. Yang terakhir pada acara non formal yaitu acara yang relatif bebas yaitu semua acara yang digelar oleh individu atau kelompok untuk hal-hal tertentu dan di dasari oleh kebiasaan-kebiasaan yang relatif spontan.

Persyaratan master of ceremony selain suara yang enak didengar juga harus memiliki kepribadian dan intelektual yang baik serta kemampuan bahasa yang persiapan master of ceremony yaitu know the material, know the room dan know the audience.

 

Moderator

Moderator adalah pengaturan pengaruh jalannya diskusi dengan peserta lainnya, dengan tugas mengatur dan memberi arahan kepada peserta lainnya. Tujuan utamanya adalah agar forum diskusi dapat berjalan dengan baik dan benar sesuai dengan topik nya serta berlangsung secara kondusif.

Tanggung jawab seorang moderator adalah mengawal dan mengawasi jalannya lalu lintas posting di forum dan moderator harus dapat menciptakan ide atau topik lebih menarik agar forum diskusi yang menjadi tanggung jawabnya menjadi lebih hidup.

Sekian informasi mengenai Public speaking, Sebelum memulai, siapkan 3 hal ini dalam persiapan Public speaking. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.