4 Macam Perilaku Penyimpangan Sosial

tawuran-pelajar2.jpg
(Dok. TEMPO/Dasril Roszandi;)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Perilaku yang menyimpang atau tidak sesuai dengan norma dan nilai dalam masyarakat disebut sebagai perilaku yang yang bertolak belakang tidak sesuai dengan norma dan nilai sosial.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Kejahatan seksual, 4 macam perilaku penyimpangan sosial, simak ulasannya berikut ini.

Penyimpangan bersumber pada pergaulan dengan orang yang berperilaku menyimpang yang dipelajari melalui proses alih budaya. Melalui proses ini seseorang mempelajari suatu budaya menyimpang.

Penyimpangan terjadi bukan hanya karena seseorang gagal menyesuaikan diri dengan standar nilai dan norma tertentu, tapi juga karena orang tersebut memiliki standar nilai dan norma yang berbeda dengan orang lain.

 

Terdapat dua sifat penyimpangan diantaranya

  • Penyimpangan positif yaitu penyimpangan yang berdampak positif terhadap sistem sosial karena mengandung unsur inovasi, memperkaya alternatif dan kreativitas. Penyimpangan demikian umumnya dapat diterima masyarakat karena sesuai dengan perubahan zaman.
  • Dalam penyimpangan yang bersifat negatif, pelaku bertindak mengikuti nilai-nilai sosial yang dipandang rendah dan berakibat buruk serta mengganggu sistem sosial. Tindakan dan pelakunya akan dicela dan tidak diterima oleh masyarakat.

 

Berikut terdapat 4 macam perilaku penyimpangan sosial.

Tindakan Kriminal

 


Tindakan kriminal yaitu perilaku yang tidak bisa diterima secara sosial seperti tindakan dengan melakukan perlanggaran seperti mencuri, membunuh, meganiaya dan lain sebagainya. Tindakan kejahatan dibagi menjadi empat tipe yaitu kejahatan tanpa korban, kejahatan terorganisir, kejahatan kerah putih dan kejahatan korporat.

Kejahatan Seksual

Kejahatan seksual, 4 macam perilaku penyimpangan sosial selanjutnya adalah penyimpangan seksual yang merupakan perilaku seksual yang tidak lazim dilakukan, saat ini penyimpangan seksual diartikan sebagai segala ketertarikan seksual yang kuat, hal ini dapat merugikan salah satu pihak yang terlibat dalam penyimpangan kejahatan seksual atau dalam konteks memiliki persetujuan pada kedua belah pihak.

Terdapat empat jenis penyimpangan seksual yaitu perzinaan, lesbianisme, homoseks dan kumpul kebo.

Penggunaan obat-obatan

Pemakaian dan penggunaan obat terlarang merupakan bentuk penyimpangan dari nilai dan norma sosial maupun agama.

Kaum remaja lebih mudah terjerumus pada penggunaan narkoba karena beberapa faktor di antaranya ingin membuktikan keberanian dalam melakukan tindakan berbahaya, ingin melepaskan diri dari kesepian, solidaritas sesama kawan, ingin tahu, ingin melakukan tindakan menentang orang tua, ingin mencari dan menemukan arti hidup.

 

Konsumerisme

Penyimpangan dalam bentuk gaya hidup, sikap arogan bisa saja dilakukan oleh seseorang yang ingin menutupi kekurangannya.

Orang yang memiliki sikap konsumerisme dimana membeli barang yang sebenarnya belum dibutuhkan dan sikap eksentrik ialah perbuatan yang menyimpang dari biasanya sehingga dianggap aneh seperti halnya laki-laki memakai pakaian atau benda yang biasa digunakan Wanita dan sebaliknya.

Sekian informasi mengenai Kejahatan seksual, 4 macam perilaku penyimpangan sosial. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.