Sukses di Kampung Patin Kampar, PT Pertamina Hulu Rokan Jajaki Pulau Rupat

Kampung-Patin2.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Setelah sukses menjalankan program Desa Wisata di Kampung Patin, Kabupaten Kampar, Riau kali ini Pertamina Hulu Rokan kembali menjajaki Pulau Rupat.

 

PHR WK Rokan juga akan membantu Pulau Rupat, Bengkalis dalam pengembangan wisata bahari di sana dengan target untuk go internasional.

 

Dalam menjalankan program desa wisata nantinya, PHR menggandeng Sekolah Tinggi Pariwisata Riau sebagai mitra pelaksana. 

 

Dukungan PHR terhadap pengembangan desa wisata di Riau bertujuan membangun keberlanjutan pembangunan desa dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

 

"Pencapaian Desa Wisata Kampung Patin juga merupakan kebanggaan masyarakat Riau dan menjadi energi positif bagi pengembangan desa-desa wisata lainnya di Riau. Kami tengah mejajaki pelaksanaan program serupa di wilayah operasi PHR lainnya di Riau," ucap Sonitha Poernomo selaku Manager Corporate Communications PHR WK Rokan, Kamis, 23 Desember 2021.

 

Dalam program ini, PHR dan STP Riau melatih dan membimbing masyarakat untuk meningkatkan keterampilan di bidang pemandu wisata, identifikasi potensi objek wisata, penginapan (homestay), suvenir, dan kuliner.

 


Konsep yang dikembangkan adalah wisata berbasis komunitas (community based tourism/ CBT).

 

Wisata berbasis komunitas ini merupakan konsep pengembangan suatu destinasi wisata melalui pemberdayaan masyarakat lokal yang mempertimbangkan aspek keberlanjutan lingkungan, sosial, dan budaya. 

 

Program ini berupaya membangun keterampilan komunitas dan menjaga konservasi lingkungan.

 

 

 

Berikut beberapa prestasi yang diraih Desa Wisata Kampung Patin yang dikelola PHR di antaranya:

 

- Juara I Nasional untuk Perguruan Tinggi Pendamping Desa Wisata di tahun 2020.

 

- Juara II kategori Souvenir pada Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021 yang ditaja oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

 

- Mendapatkan Sertifikasi Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) di tahun 2021.

 

- Memperoleh Sertifikat Desa Wisata Berkelanjutan dari Lembaga Sertifikasi Dewan Desa Wisata Berkelanjutan Indonesia di tahun 2021.