Jemaat GPIB Immanuel Pekanbaru Jalani Ibadah Natal dengan Prokes Ketat

natal-pku.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Perayaan Natal tahun ini berbeda dibanding Natal tahun lalu. Saat ini sejumlah jemaat sudah bisa datang ke gereja untuk rangkaian ibadah Natal 2021.

Pantauan riauonline.co.id, satu persatu jemaat Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Immanuel berdatangan. Mereka masuk ke areal gereja secara bergantian, Jumat sore, 24 Desember 2021.

Para jemaat yang mengenakan masker langsung menjalani pemeriksaan suhu tubuh di gerbang masuk. Sejumlah petugas disiagakan untuk melakukan pengawasan terhadap jemaat yang datang.

Jemaat yang datang tetap harus menjaga protokol kesehatan secara ketat. Mereka pun harus menjaga jarak, mencuri tangan dan memakai hand sanitizer.


Ada juga sejumlah jemaat menjalani rangkaian ibadah Natal dalam tenda yang tersedia di bagian luar gereja. Mereka yang bisa menjalani satu sesi ibadah hanya 400 orang.

"Tahun ini kita memperkirakan ada sekitar 400, dengan dua kali ibadah ada 800 orang," terang Ketua Majelis Jemaat GPIB Immanuel Pekanbaru, Pendeta Aldo Alva Tumilaar, Jumat sore.

Ia mengatakan, rangkaian ibadah Natal sudah berlangsung pada sore ini. Pengurus juga sudah membagi dua jadwal ibadah natal di gereja itu. Ada ibadah pada pukul 16.30 WIB dan pukul 19.00 WIB.

Ibadah hari Natal juga berlanjut, Sabtu 25 Desember 2021. Pengurus juga membagi dua jadwal yakni pukul 09.30 WIB dan pukul 16.30 WIB.

Aldo mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 lalu, kondisi pandemi masih cukup parah. Proses rangkaian ibadah Natal berlangsung secara live streaming. "Namun sekrang kita padukan tatap muka dengan live streaming" jelasnya.