Cegah Omicron, Ini Yang Dilakukan Syamsuar

Syamsuar209.jpg
(Bagus Pribadi/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar mengambil langkah cepat untuk mengantisipasi masuknya varian baru Omicron. Pasalnya, varian Covid-19 ini sudah ditemukan di Indonesia.

Syamsuar meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau untuk melakukan pengecekan terhadap masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui adakah masyarakat yang terindikasi terkonfirmasi varian Omicron atau tidak.

"Saya sudah minta Dinas Kesehatan untuk mengecek betul-betul sampel swab yang ada. Kemudian juga terus meningkatkan kontak traking," katanya.


Lebih lanjut, Syamsuar mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi diseluruh direktur rumah sakit. Koordinasi ini untuk menyiapkan ruang isolasi terpadu dan obat-obatan.

Seluruh rumah sakit rujukan Covid-19 di kabupaten/kota se-Riau sudah diminta siaga. Baik itu siaga tempat tidur, obat-obatan, dan oksigen.

"Bahkan saya juga sudah koordinasi dengan Kadisops Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Rumah oksigen kita tetap akan kita fungsikan, sehingga jika tejadi lonjakan kasus kita sudah siap," ucapnya.

Bagi masyarakat Riau, selain dihimbau untuk segera vaksinasi, Syamsuar juga meminta masyarakat untuk jangan lengah menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Mari kita terus terapkan protokol kesehatan. Menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan," pungkasnya.