Makna Lagu Tradisional "Soleram" yang berasal dari Riau

Soleram.jpg
(My Avatalia.com)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU– Riau menjadi salah satu jalur lalu lintas perdagangan internasional ke Indonesia. Maka dari itu tak heran jika Riau memiliki kekayaan kebudayaan.

Salah satunya adalah lagu tradisional Soleram, lagu ini memiliki makna yang dalam berisi pesan orang tua kepada anaknya,cinta dan persahabatan.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Indonesia, Makna Lagu tradisional “Soleram” yang berasal dari Riau, simak ulasannya berikut ini.

 

Provinsi Riau berdasarkan sejarah sudah mulai ditempati dan dihuni oleh orang-orang Melayu yang berasal dari semenanjung Malaka sejak masa kerajaan Sriwijaya, oleh karena itu sejak kebudayaan Melayu sudah berkembang di daerah tersebut menjadi kebudayaan yang dominan. Kebudayaan yang hidup dan berkembang di provinsi Riau disebut kebudayaan Melayu Riau.

Lirik lagu Soleram :

Soleram Soleram Soleram anak yang manis


Anak manis janganlah dicium sayang

Kalau dicium merah pipinya

Satu dua tiga dan empat

Lima enam tujuh delapan

Kalau tuan dapat kawan baru sayang kawan lama jangan dilupakan

Indonesia, Makna Lagu tradisional “Soleram” yang berasal dari Riau selanjutnya adalah makna lagu Soleram.

Makna lagu Soleram :

  • Bait pertama lagu Soleram bermakna nasehat seorang ibu agar anaknya dapat menjaga rasa malu agar adat istiadat, kehormatan, syariat, agama dan nama baik tetap terjaga.
  • Pada bait kedua memiliki makna agar sang anak dapat menjalin persahabatan dengan baik, berperilaku santun, dan setia kawan.

Soleram merupakan lagu yang populer dengan makna yang sangat mendalam. Soleram di daerah Riau dinyanyikan oleh seorang ibu kepada anaknya dan berisi sebagai pepatah.

Lagu ini menceritakan mengenai cinta Dan persahabatan, isinya mengandung pesan kepada anaknya yang hendak tidur.

Amanat untuk menjaga kehormatan, harga diri dan mempertahankan makhluk sebagai budaya. Selain menumbuhkan rasa malu, Soleram memiliki lirik yang mendidik untuk senantiasa menyambung tali persaudaraan dan menghindari perpecahan antar golongan. Ditutup dengan baik terakhir yang mengandung pesan agar melestarikan budaya yang mencerminkan identitas bangsa Indonesia.

Cukup banyak yang menggemari lagu Soleram ini bahkan disukai orang-orang mancanegara. Selain karena liriknya memiliki makna yang baik, lagu Soleram juga memiliki nada dan irama yang mudah untuk didengar dan dinyanyikan.

Sekian informasi mengenai Indonesia, Makna Lagu tradisional “Soleram” yang berasal dari Riau. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.