Presiden Jokowi Minta Kapolda Waspadai Gelombang 3 Varian Omicron

kapolda-ikut.jpg
(Humas Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan kepada seluruh Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) Polri 2021 terkait penanganan Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi di Indonesia.

Dalam arahan tersebut, Jokowi menginstruksikan kepada Kapolda masing-masing daerah untuk hati-hati dan waspada terhadap ancaman penyebaran Covid-19 gelombang 3 varian Omicron.

Selain itu, orang nomor satu RI ini juga mengatakan Varian Omicron merupakan virus yang lebih berbahaya dari varian Delta yang penyebarannya 5 kali lebih cepat dan dapat menembus imun tubuh.

"Kepada masing-masing Kapolda yang daerahnya berbatasan dengan negara tetangga untuk tidak lengah dengan masuknya varian Omicron," ucap Jokowi, Jumat, 3 Desember 2021.


Selain itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengintruksikan kepada Kapolri dan Panglima TNI untuk segera mempercepat vaksinasi serta lebih gencar lagi.

"Kepada Kapolri dan Panglima TNI, segera percepat vaksinasi dan diselesaikan terutama vaksinasi Lansia," terangnya.

Selain itu, 240 juta dosis orang di Indonesia sudah menjalani vaksinasi, namun 67.8 persen dosis pertama dan 46.9 persen.

"Jika melihat angka tersebut, tentu masih di bawah harapan dan jauh dari keinginan kita, bagi provinsi lain yang capaian vaksinasi masih dibawah 60 persen untuk segera mempercepat proses vaksinasi," pungkasnya.

Saat ini ada 15 Provinsi yang capaian vaksinasi masih dibawah 60 persen, Riau dan Sumatera Barat masuk di dalamnya, sehingga ini menjadi PR tersendiri bagi Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.