Mimi Minta Pintu Masuk Indonesia Dijaga Ketat demi Hindari Omicron

Mimi-Yuliani-Nazir10.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Eks Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, terkait varian omicron belum masuk ke Indonesia.

 

“Sekarang ini bagaimana mencegah varian itu tidak masuk di Indonesia. Diluar sana kan tempat pintu masuknya dari luar negeri, berarti yang dijaga adalah pintu masuk kedatangan dari luar negeri,” katanya kepada RIAUONLINE.CO.ID.

 

Mimi menjelaskan, varian omicron ini terkonfirmasi di beberapa negara yang mengandung 50 mutasi. 

 

 

Varian ini  mempengaruhi kecepatan penularan dan kemampuan untuk menghindari antibodi yang dibentuk oleh vaksin, tetapi ini semua masih terus dipelajari oleh para ahli.

 


Dengan banyaknya mutasi tersebut,  WHO meningkatkan status varian tersebut menjadi variant of concern (varian yang mengkhawatirkan) dan memberikan nama varian baru tersebut sebagai varian Omicron. 

 

Lebih lanjut, Mimi berujar, Pemerintah Indonesia sudah mengambil langkah cepat agar mencegah varian ini masuk ke Indonesia. Masyarakat juga diminta tidak lengah dan terus menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

 

“Jangan lupa 5 M. Mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, menggunakan masker, dan mengurangi mobilitas,” pungkasnya.