Sugeng Pranoto Kritik Tidak Adanya Layanan Mobil Jenazah di RSUD Arifin Achmad

pandangan-fraksi.jpg
(Bagus Pribadi/ RIAUONLINE)

Laporan: BAGUS PRIBADI

RIAU ONLINE, PEKANBARU – DPRD Riau mengadakan Rapat Paripurna tentang Penyampaian Pandangan Umum Fraksi terhadap Rancangan Perda tetang APBD Riau Tahun Anggaran 2022.

Dalam penyampaian itu, Anggota DPRD Riau Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Sugeng Pranoto, menyoroti sengkarut pelayanan kesehatan yang terjadi di Riau. Ia mengaku mendapati keluhan dari keluarga pasien mengalami musibah meninggal dunia yang dirawat di RSUD Arifin Ahmad.

“Keluhan keluarga pasien itu, pihak RSUD Arifin Ahmad tidak menyediakan layanan mobil jenazah secara gratis,” ungkapnya, Kamis, 25 November 2021.


Tak sampai di situ, Sugeng mengatakan mirisnya petugas RSUD Arifin Ahmad justru mengarahkan keluarga pasien untuk menggunakan pelayanan swasta yang berbayar. Seolah-olah, menurutnya, hal itu telah menjadi bisnis antara oknum pihak RSUD Arifin Ahmad dengan penyedia layanan mobil jenazah swasta tersebut.

“Tentu kami mendorong dan berharap kepada pihak RSUD Arifin Ahmad dan Dinas Kesehatan Riau untuk memberikan penjelasan,” pinta Sugeng.

Sugeng juga menyampaikan Fraksi PDIP di DPRD Riau meminta Pemprov Riau agar memerhatikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Riau. Pihaknya menginginkan untuk APBD 2022, kesehatan dijadikan salah satu hal yang penting dalam pengucuran anggaran.

“Jika alokasi anggaran untuk bidang kesehatan maksimal, tentu hal seperti pelayanan mobil jenazah secara gratis di rumah sakit berjalan dengan baik. Apalagi kita masih dalam masa pandemi Covid-19, kesehatan jadi perhatian kita bersama di sini,” pungkas Sugeng.