4 Fakta Mengenai Talang Mamak, Suku Terasing di Indragiri

4-Fakta-mengenai-Talang-Mamak.jpg
(istimewa)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Suku talang mamak tergolong Melayu tua atau Proto Melayu yang merupakan suku asli Indragiri.

Mereka juga menyebut dirinya suku tuha. Sebutan tersebut bermakna suku pertama datang dan lebih berhak terhadap sumber daya di Indragiri hulu.

Terdapat banyak fakta dan keunikan dari suku Talang Mamak ini. Riau Online akan membahas mengenai Riau, 4 Fakta mengenai Talang Mamak, simak ulasannya berikut ini.

Sejarah singkat talang mamak

Suku talang Mamak tergolong Melayu tua atau Proto Melayu yang merupakan suku asli Indragiri. Mereka juga menyebut dirinya Suku Tuha. Sebutan tersebut bermakna suku pertama datang dan lebih berhak terhadap sumber daya di Indragiri Hulu.

Menurut mitos, suku Talang Mamak merupakan keturunan Adam ketiga yang berasal dari kayangan turun ke bumi, tepatnya di Sungai Limau dan menetap di Sungai Tunu. Hal ini terlihat dari ungkapan "Kendal tanah mekah, terapung di sungai limau, jeram di sungai tunu".

Itulah manusia pertama di Indragiri yang bernama Patih. Masyarakat Talang Mamak sendiri mengakui kalau mereka berasal dari Pagaruyung.

Datuk Fatih nan sabatang turun dari Pagaruyung menyusuri sungai nan 3 Laras yaitu sungai tenang, yang sekarang disebut dengan sungai Batanghari, sungai keruh yang sekarang dinamakan sungai kuantan dan sungai deras yang sekarang disebut dengan sungai Kampar.

Disetiap sungai ini ia membuat pemukiman atau kampung. Di sungai Batang hari ia membuat tiga kampung yaitu dusun tua, Tanjung bunga dan pasir Mayang. Sementara di sungai kuantan ia membuat 3 kampung juga yaitu inuman negeri tua, jlnt tanah kerajaan dan pangeran tepian raja.

Di sungai Kampar ia juga membuat 3 kampung yaitu Kuok, Bangkinang dan air tiris.

Di sungai kuantan di Kuala sungai limau, Datuk matih bertemu dengan paman beliau yang bergelar Datuk bandara jati.


Datuk matih memiliki 3 orang anak yaitu si besi, kelopak dan bunga. Mereka ini diberi gelar Patih nan bertiga. Setelah mereka dewasa maka Datuk Patih memberi mereka wilayah atau tanah untuk mereka tinggal dan hidup.

Si besi di tanah yang diberikan kepadanya dibuatnya parit. Karena itulah namanya sampai sekarang dikenal dengan talang parit.

Penyebaran

Riau, 4 Fakta mengenai Talang Mamak selanjutnya adalah penyebaran. Suku talang mamak tersebar di 4 kecamatan yaitu, kecamatan Batang gangsal, cenaku, kelayang dan rengat barat kabupaten Indragiri hulu Riau. Satu kelompok berada di dusun semarantihan desa suo-suo kecamatan sumay kabupaten tebo jambi.

Namun saat ini dengan pemekaran wilayah, suku talang mamak telah tersebar dalam berbagai desa dan kecamatan baru seperti kecamatan rakit kulim.

Ekonomi atau mata pencaharian masyarakat

Mata pencaharian masyarakat mayoritas adalah berladang dan berkebun. Karet merupakan komoditas utama mereka.

Dalam membuat kebun karet masyarakat menggunakan sistem tumpang sari di mana sebelum pohon karet besar mereka menanam padi dan tanaman semusim lainnya di sela-sela pohon karet.

Sekarang ini sejak kelapa sawit makin trend, beberapa orang masyarakat juga sudah mulai menanam kelapa sawit. Luasnya masih dalam skala kecil karena pengetahuan dan modal mereka yang terbatas.

Sosial budaya

Masyarakat adat Talang Mamak yakin adanya Tuhan dan nabi Muhammad atau juga mereka menyebut Islam langkah lama dan sebagian kecil Katolik.

Khususnya penduduk Siambul talang lakat. Mereka menyebut dirinya sendiri sebagai orang langkah lama, artinya orang adat. Mereka membedakan diri dengan suku Melayu berdasarkan agama.

Jika seorang Talang Mamak telah memeluk Islam, identitasnya berubah menjadi Melayu. Orang talang mamak menunjukkan identitas secara jelas sebagai orang adat langkah lama.

 

 

 

Mereka masih mewarisi tradisi leluhur seperti ada yang berambut panjang, memakai sorban, songkok dan gigi berkarang atau hitam karena makan pinang.

Dalam lingkaran hidup mereka masih melakukan upacara-upacara adat mulai dari melahirkan dengan bantuan dukun bayi, timbang bayi, sunat, upacara perkawinan, berobat, panggul dan upacara batambak.

Sekian informasi mengenai Riau, 4 Fakta mengenai Talang Mamak. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.