Jarang Terjadi, Wanita Ini Sembuh dari HIV

HIV-AIDS-Ilustrasi.jpg
(Tribunnews.com)

RIAUONLINE - Seorang wanita dari Argentina, yang tak mau disebutkan namanya, dilaporkan telah sembuh dari HIV tanpa obat atau terapi pengobatan.

Dilansir dari BBC, tes pada lebih dari satu miliar selnya tidak menemukan jejak infeksi yang tersisa, lapor Archives of Internal Medicine. Dokter percaya sistem kekebalan pasien membersihkan virus dengan sendirinya.

Temuan ini merupakan bukti lebih lanjut bahwa beberapa orang dilahirkan dengan ketahanan alami terhadap HIV alias memiliki gen yang mencegah infeksi.

Biasanya, kebanyakan penderita HIV membutuhkan terapi antiretroviral (ART) seumur hidup. Jika mereka berhenti minum obat ini, virus yang tidak aktif dapat bangkit kembali dan menimbulkan masalah lagi.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, ada laporan tentang "pengendali elit" yang dapat menekan virus, dengan bantuan tetapi tanpa pengobatan HIV.


Adam Castillejo, dari London, dapat berhenti minum pil HIV hariannya setelah menerima pengobatan sel induk donor untuk kanker yang juga dideritanya.

Ditemukan sel-selnya yang terinfeksi HIV dimusnahkan dan diganti selama terapi kanker.

Dan kebetulan, donornya adalah salah satu dari 1% orang yang lahir dengan gen yang mencegah HIV masuk dan menginfeksi sel.

Namun, tidak jelas berapa lama keuntungan ini akan bertahan untuk Castillejo.

Peneliti utama Dr Xu Yu, dari Institut Ragon Rumah Sakit Umum Massachusetts, Institut Teknologi Massachusetts dan Harvard, mengatakan mungkin ada jalan yang dapat ditindaklanjuti untuk pengobatan sterilisasi bagi orang-orang yang tidak lahir dengan gen yang mampu mencegah HIV.

"Kami sekarang mencari kemungkinan untuk menginduksi kekebalan semacam ini pada orang yang memakai ART, melalui vaksinasi, dengan tujuan mendidik sistem kekebalan mereka untuk dapat mengendalikan virus tanpa ART," jelasnya.

Wanita Argentina yang sembuh sendiri dari HIV ini merupakan kasus kedua di dunia yang didokumentasikan. Sebelumnya ada Loreen Willenberg dari San Francisco, yang juga tampaknya secara fungsional sembuh dari HIV dengan sistem kekebalannya sendiri.

Artikel ini sudah tayang di SUARA.com