HP Anda Hilang, Jangan Panik, Begini Cara Melacaknya!

hp-hilang.jpg
(urbanasia)

RIAUONLINE - Saat kehilangan HP, kita pasti kebingungan untuk mencari cara supaya dapat menemukannya. Terlebih jika HP yang hilang dalam keadaan mati. Bagaimana cara melacak HP yang hilang?

HP memang menjadi perangkat pribadi yang sangat penting di era serba digital seperti sekarang ini. Dan tidak bisa dihindari, HP kerap hilang karena berbagai sebab. Meskipun pada akhirnya kita pasrah dan membeli yang baru, namun tak ada salahnya untuk melacak HP yang hilang terlebih dahulu. Berikut ini Suara.com tunjukkan cara melacak HP yang hilang yang paling mudah.

Lalu apakah HP hilang karena dicuri atau terjatuh bisa ditemukan kembali? Jawabannya adalah bisa. Kita bisa melacaknya menggunakan HP lain, melalui GPS, ataupun menggunakan aplikasi pelacak. Lalu, apa saja langkah-langkah atau cara yang perlu dilakukan untuk melacak HP yang hilang?

1. Cara Melacak HP Pakai Layanan Google

Mesin pencari temuan Larry Page dan Sergey Brin ini memberikan layanan untuk menemukan ponsel hingga jam tangan Wear OS yang hilang. Mengutip laman support.google, selain menemukan ponsel, pengguna Android juga bisa mengunci dan menghapus data ponsel yang hilang.

Cara melacak HP yang hilang lewat layanan Google bisa dilakukan tanpa aplikasi dan hanya memerlukan jaringan internet. Berikut ini langkah-langkahnya:

Akses laman http://android.com/find, lalu login ke akun Google.

Jika kamu memiliki lebih dari satu HP, maka klik pada HP yang hilang yang terletak di atas halaman.


Jika HP hilang memiliki lebih dari satu profil pengguna, maka login dengan akun Google yang ada di profil utama.

Selanjutnya, akan muncul notifikasi pada HP yang hilang dari Google Play Service dan muncul informasi lokasi HP Android milikmu yang hilang.

Namun perlu diketahui, bahwa lokasi yang tertera bisa saja tidak akurat atau merupakan lokasi perkiraan. Jika HP tidak dapat ditemukan, kamu bisa melihat lokasi terakhir HP (jika tersedia). Setelah mengetahui informasi keberadaan HP, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

Putar Suara: Hal ini dilakukan agar HP yang hilang tetap berbunyi selama lima menit meskipun dalam keadaan silent atau senyap.

Amankan Perangkat: Kunci perangkat dengan PIN, pola, atau password. Selain itu, untuk mempermudah orang yang menemukan HP menghubungi kita, kirimkan pesan atau nomor HP ke layar kunci.

Hapus Perangkat: Menghapus semua data secara permanen pada HP. Namun, data yang tersimpan di kartu SD (memori) mungkin tidak ikut terhapus. Setelah menggunakan fitur ini, aplikasi Find My Device tidak dapat digunakan lagi.

2. Cara Melacak HP Pakai Aplikasi Find My Device

Melacak lokasi HP yang hilang juga bisa dilakukan lewat aplikasi Find My Device yang tersedia di Play Store. Berikut ini langkah-langkahnya:

Di gadget lain, buka aplikasi Find My Device lalu masuk ke aplikasi.

Jika perangkat yang hilang adalah milikmu sendiri, klik ‘Continue’ sebagai nama kamu.

Jika bermaksud membantu teman, klik ‘Sign in as guest’ dan biarkan temanmu masuk.

Selanjutnya, ikuti langkah yang sama seperti tercantum di atas.

Melacak HP yang hilang juga bisa dilakukan dengan bantuan e-mail, Google Maps, hingga IMEI. Dengan menggunakan IMEI, kamu punya kesempatan yang lebih besar untuk menemukan HP yang hilang ketika sudah tidak tersambung dengan e-mail.

Artikel ini sudah tayang di SUARA.com