I-YES Indonesia Sukses Mengajar hingga Kampung Suku Asli Anak Rawa

I-YES-MengajarIstimewa.jpg
(Istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Indonesian Youth Educate and Social atau biasa disingkat sebagai IYES I-YES Indonesia kembali melaksanakan Program I-YES Mengajar ke-6.

I-YES mengajar merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh I-YES Indonesia dalam upaya pemerataan pendidikan khususnya di wilayah Terdepan,Terluar,Tertinggal atau 3 T.

Kali ini, tim I-YES Mengajar melaksanakan program di Sekolah Dasar Negeri 18 Tanjung Pal. Kegiatan yang diadakan selama empat hari ini punya misi meningkatkan Motivasi Siswa/i I-YES. Program I-YES Mengajar dimulai tanggal 11 hingga14 November 2021.

Disampaikan Project Leader I-YES Mengajar 6, Mohd Fikri Mustaqin, bahwa program  I-YES Mengajar ini bertujuan untuk memotivasi anak-anak yang berada di pelosok untuk semangat dalam mengejar cita cita serta  mengedepankan pentingnya pendidikan dari usia dini.

"I-YES Mengajar pada dasarnya bertujuan untuk memotivasi adik-adik kita di daerah 3T, dan kita berharap ini bisa menjadi semangat mereka untuk mengejar cita-cita sejak dini. Kali ini metode pembelajaran yang dirancang oleh teman-teman I-YES Indonesia diantaranya  kelas Motivasi, kelas literasi, dan kelas edukasi lingkungan" ujar Fikri.

Ia menyebut, program I-YES Mengajar kali ini berbeda dengan sebelumnya. Dimana kali ini I-YES Indonesia melakukan acara penutupan dengan acara Pentas Seni Adat yang menampilkan keberagaman tari yang ada di daerah tersebut. Tarian ditampilkan oleh SD N dan SMP N satu atap Tanjung mungkal, SD 18 Tanjul Pal serta SMP N 6 Sungai Apit.


"Kegiatan Iyes Mengajar 6 ini memang berbeda dari sebelumnya, karna ini kampung adat maka kita (I-YES Indonesia) bersama masyarakat laksanakan pentas seni agar mengingatkan kembali akan adanya budaya daerah" tambah Fikri dalam kesempatan wawancara.

Turut hadir Bupati Siak yang diwakili oleh staf ahli bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik kabupaten Siak, dan juga menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak, H. Zulfikri, S.Sos, MM.

Zulfikri menyatakan bahwa program seperti ini harus terus dijalankan dan sampai kepada anak-anak di daerah 3T lainnya. Tujuannya agar terus dapat memberikan motivasi kepada anak-anak untuk berani menggapai cita-cita nya kelak.

"Ini merupakan program yang bagus, dan saya berharap I-YES juga dapat terus menjalankan program seperti ini (I-YES Mengajar) ke daerah 3T lainnya, agar anak-anak memiliki motivasi yang kuat sejak ini untuk masa depannya" ujar Zulfikri.

 

 

 

Agenda pentas seni adat tersebut dibuka dengan penanaman 100 batang pohon Manggrove yang secara simbolis diwakili oleh undangan. Di antaranya staf ahli bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik kabupaten Siak.

Ada juga perwakilan Dinas Sosial kabupaten Siak, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Siak, DPRD Kabupaten Siak, Camat Kecamatan Sungai Apit, Penguulu Desa Penyengat, dan Lembaga Kerapatan Adat Anak Rawa.

Sebelumnya I-YES Indonesia telah melaksanakan Program I-YES Mengajar di beberapa wilayah Riau diantaranya Pelalawan, Kampar kiri Hulu, Indragiri Hulu, dan Kuantan Singingi.