Rapat Persiapan Pengukuhan DMDI Bengkalis, Ini Pembahasannya

dmdi.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Pengurus Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Kabupaten Bengkalis menggelar rapat bersama dalam rangka persiapan pengukuhan, yang dijadwalkan Selasa 14 Desember 2021.

Rapat dipimpin langsung Ketua Umum DMDI Kabupaten Bengkalis Darma Firdaus S, didampingi Sekretaris Umum DMDI Kabupaten Bengkalis Rinto, Penasehat DMDI Kabupaten Bengkalis H. Muhammad Isa Selamat dan Ustadz Suyundri.

Rapat berlangsung di Room Meeting Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bengkalis, Senin 8 November 2021 malam tadi, dimulai pukul 20.00 WIB dan berakhir berakhir pukul 23.00 WIB.

Terlihat hadir Wakil Ketua DMDI Kabupaten Bengkalis H. Darmawi dan Suwarto serta seluruh pengurus DMDI. Jelang pelaksanaan rapat persiapan, sempat berdikusi singkat bersama Tun Sri Prof. Dr. Abdul Latif bin Abu Bakar, yang merupakan Biro Sosio Budaya dan Adat di DMDI Negara Malaysia serumpun Melayu.

Melalui zoom meeting, Tun Abdul Latif memberikan ucapan selamat dan semangat untuk menjalin hubungan baik dengan Malaysia. Selama ini, hubungan Indonesia-Malaysia, Khususnya Kabupaten Bengkalis telah dipereratkan dengan keserumpunan Melayu.


Menurut Tun Abdul Latif, warisan tamadun, budaya dan bahasa Melayu memantapkan hubungan antara Malaysia dengan Bengkalis (Indonesia). Tentunya saja, hubungan ini memantapkan hubungan Agama Islam menjadi ajaran serta panduan kehidupan keseharian.

Usai mendengarkan wejangan mengenai DMDI dari Tun Abdul Latif. Ia juga menyampaikan salam dari Presiden DMDI Tan Sri Dr. H. Muhammad Ali Bin Mohd. Rustam. Dan mengakhiri, permbicaraan serta melanjutkan rapat persiapan pengukuhan DMDI Kabupaten Bengkalis.

Dalam rapat tersebut, disepakati sejumlah agenda jelang pengukuhan diantaranya, Ziarah ke Makam Habib Abdurochman Bin Yasin Ba’akawi, yang juga tercatat bersama pejuang bersama Datuk Laksamana Raj Dilaut, di Desa Pangkalan Batang, Rabu 17 November 2021 dari pukul 16.00 WIB-17.30 WIB. Kemudian, Senin 6 Desember 2021 Bengkalis Mengaji, 30 Juz Serentak dari pukul 16.00 WIB-17.30 WIB bertempat di Masjid Raya Istiqomah.

Selanjutnya, Senin 6 Desember 2021 malam harinya, sekitar pukul 20.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB, dilaksanakan kegiatan Bengkalis Mengaji, Khatam di Masjid Raya Istiqomah. Dan tepat Selasa 14 Desember 2021, pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB dilangsungkan pengukuhan Pengurus DMDI Kabupaten Bengkalis, bertempat di Balai Kerapatan Adat Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis, sekaligus penyerahan bantuan sembako bagi Muaalaf.

“Untuk kepanitiaan sudah disusun sesuai tanggungjawabnya. Artinya, saya berharap kegiatan ini benar-benar sukses dengan baik. Panitia secara bersama-sama bergotong royong dan saling bahu membahu selama rangkaian kegiatan pengukuhan pengurus DMDI Kabupaten Bengkalis Periode 2020-2025,” kata Ketua Umum DMDI Kabupaten Bengkalis Darma Firdaus S didampingi Penasehat DMDI H. Muhammad Isa Selamat.

Ia juga mengatakan, untuk pengukuhan nantinya. Sedang dibahas juga kesiapan dari DMDI serumpun Melayu Malaysia untuk bisa hadir dalam kegiatan, baik secara virtual ataupun hadir langsung ditengah-tengah proses pengukuhan DMDI.

“Insya Allah. Kegiatan ini tetap akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah, dalam hal ini ibu Bupati Bengkalis dan seluruh jajarannya,” tutupnya.