Lewat Program Kemandirian, Warga Binaan Rutan Pekanbaru Beternak Ikan

kolam-binaan.jpg
(DEFRI/ RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 A Pekanbaru membuat terobosan bagi warga binaan di Rutan Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru. Program kemandirian disiapkan bagi warga binaan Rutan Pekanbaru.

"Kita telah membuat program bagi warga binaan yakni program kemandirian. Di mana program ini dapat membentuk karakter warga binaan bisa berwirausaha saat kembali ke masyarakat," ucap Kepala Rutan Pekanbaru, M Lukman kepada RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Adapun program kemandirian dimaksud di antaranya mengelola kolam ikan yang nantinya akan dikomersilkan kepada masyarakat setempat.

"Jadi kepada warga binaan kita latih mereka untuk bisa mengelola kolam yang diisi dengan ikan Nila, Patin dan lele."


"Saat mereka kembali ke masyarakat, mereka tidak bingung mau melakukan apa, karena di dalam rutan sudah belajar program kemandirian," sambungnya.

M Lukman berharap dengan adanya program ini Warga Binaan Rutan Pekanbaru mampu mengembangkan ilmu yang dipelajari saat berada di dalam Rutan.

"Semoga mereka bisa mengembangkan di luar setelah bebas nanti," pungkasnya.

Sebelumnya, Rutan Kelas I A Pekanbaru atau Rutan Sialang Bungkuk mengadakan kegiatan mancing mania dengan awak media di jalan Sialang Bungkuk, Tenayan Raya, Pekanbaru, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas Rutan Kelas I A Pekanbaru dengan awak media, baik cetak, online maupun televisi.