Sosok Datuk Seri Al Azhar di Mata Keluarga, Hal Ini Paling Diingat

alang-ris.jpg
(Olivia/RIAUONLINE.)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Adik Kandung Datuk Seri Al Azhar, Alang Rizal mengatakan, sosok Ketua Umum MKA Lembaga Adat Melayu Riau ini merupakan sosok panutan dikeluarga.

 

Selain ramah, Datuk Seri Al Azhar juga sosok inspiratif yang selalu mendukung apapun yang dilakukan oleh saudara-saudaranya selagi itu masih dijalan yang benar.

 

“Ia tidak pernah menghalangi apa apa yang saudaranya lakukan, tapi lebih kepada, lakukanlah apa yang kamu bisa supaya semuanya berjalan dengan baik sesuai apa yang kamu harapkan,” katanya kepada wartawan usai pemakaman Datuk Seri Al Azhar, Rabu, 13 Oktober 2021.

 

Kata-kata yang selalu diingat dari sosok almarhum Datuk Seri Al Azhar adalah jangan tegang-tegang bara, rasa panas dilepaskan. Maksud dari kata tersebut, lakukanlah sesuatu sesuai apa yang menjadi keinginan diri. Dengan catatan, keinginan itu merupakan sesuatu yang baik.

 

“Selain itu, dilingkungan keluarga dan lingkungan kampung, beliau merupakan sosok  yang pertama kali mengenyam pendidikan diluar kampung,” ujarnya.


 

Datuk Al Azhar sendiri berasal dari Talikumain, Tambusai, Rokan Hulu, Riau. Alang Rizal juga mengatakan, dalam hal pendidikan, sosok almarhum memang menjadi panutan. Semangatnya untuk belajar patut dikagumi.

 

 

“Itu yang paling berkesan dalam hidup keluarga maupun kampung kecil kami,” pungkasnya.

 

Diketahui, budayawan sekaligus Ketua Majelis Kerapatan Adat Melayu Riau, Datuk Seri Al Azhar meninggal dunia pada Selasa, 12 Oktober 2021 pukul 22.04 WIB.

 

Sepekan lalu, Datuk Seri Al Azhar sempat menjalani operasi batu empedu di Rumah Sakit (RS) Awal Bross.