Bus Vaksin Kembali Beroperasi setelah Sempat 2 Bulan "Menganggur"

Bus-vaksin15.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Bus vaksinasi keliling kembali melayani masyarakat, Kamis 14 Oktober 2021. Bus ini melayani vaksinasi di halaman Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani, Kota Pekanbaru. 

 

"Jadi rencananya di Madani sebanyak tiga bus," terang Kordinator Bus Vaksinasi Keliling Kota Pekanbaru, Khairunnas, Rabu 13 Oktober 2021.

 

Ia mengatakan, masyarakat bisa datang ke lokasi untuk mendapat suntikan vaksin. Mereka bisa mendapat suntikan vaksin dosis pertama atau dosis kedua. 

 

Khairunnas menyebut, satu unit bus vaksinasi melayani 200 orang masyarakat. Total ada 600 masyarakat yang bakal mendapat layanan vaksinasi pada Kamis besok. 

Bus vaksinasi tersebut tidak rutin setiap hari melayani masyarakat sesuai pengajuan. Mereka melayani ketika ada pengajuan vaksinasi.  Perubahan teknis ini sesuai hasil evaluasi operasional bus vaksinasi keliling. 


 

Khairunnas mengatakan, pihak penyelenggara bisa mendata lebih dulu calon penerima vaksin. Adanya pendataan ini untuk mencegah penumpukan calon penerima vaksin di bus vaksinasi keliling. 

 

"Pengajuan tidak hanya bisa dilakukan camat atau lurah. Pihak lainnya yang bisa mengkordinir vaksinasi bakal difasilitasi," paparnya.

 

Masyarakat bisa langsung menghubungi pihak Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru. Ada sepuluh unit bus vaksinasi keliling yang siaga membantu proses vaksinasi.

 

Dirinya menyebut bahwa pihaknya tidak cuma bergerak sesuai pengajuan. Mereka juga memprioritaskan layanan bagi masyarakat lanjut usia atau lansia.

 

Bus vaksin sebelumnya tidak beroperasi selama 2 bulan karena minimnya stok vaksin.