Warga Minas Minta Pemkab Siak Dorong Pengembangan Wisata Telago Batin Bungsu

danau-bungsu.jpg
(istimewa)

Laporan: HENDRA

RIAU ONLINE, SIAK - Wakil Bupati Siak, Husni Merza menyempatkan diri melihat keindahan Danau Telago Batin Bungsu di kelurahan Minas Jaya, kecamatan Minas, kabupaten Siak, Rabu, 7 Oktober 2021.

Sekilas Danau Telago Batin Bungsu dilihat dari dekat biasa saja, namu jika di lihat dari atas bukit sangat indah dipandang mata.

Camat Minas, Hendra Adi Nugraha saat mendampingi Wakil Bupati Siak Husni Merza menyebutkan masyarakat sangat berharap objek wisata Danau Telago Batin Bungsu mendapat perhatian serius dari Pemkab Siak.

"Kami berharap Danau Telago Batin Bungsu ini bisa dikembangkan dengan dukungan infrastrukturnya, Harapan kita kedepan menjadi obyek wisata yang maju di kabupaten Siak, khusus nya di kecamatan Minas," ujarnya.

Lanjutnya, dengan adanya kunjungan Wakil Bupati ke lokasi Danau berharap apa yang menjadi keinginan warganya bisa terwujud.

"Jika lokasi kawasan danau ini dibuka menjadi kawasan Wisata resmi, memilik efek yang sangat besar pertama membuka lapangan kerja, masyarakat bisa berjualan dan menambah pendapat asli bagi kampung PAD pemerintah kecamatan."


Ketua Harian Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) Danau Telago Batin Bungsu Kampung Minas Jaya, Patrianta juga berharap sama.

"Kami berharap dengan pak Wakil Bupati agar danau ini diperhatikan, saya yakin kalau ini dibuka dibuat wahana permainan Akan ramai pengunjung dan warga Minas pun tak payah rekreasi jauh keluar Riau cukup disini saja," harapnya.

Ia juga berharap dukungan dari Perusahan setempat untuk membantu perbaikan akses jalan menuju kelokasi Danau yang panjangnya kurang lebih 3 kilo meter.

Wakil Bupati Siak, Husni Merza mengatakan Danau Telago Batin Bungsu Kampung Minas Jaya, ini merupakan destinasi wisata tersembunyi.

"Tapi kalau di google map nampak nih tertulis Danau Telago Batin Bungsu ini sebuah kawasan yang wajib untuk dikembangkan," kata dia.

Dari hasil diskusi bersama penggiat Pokdarwis dan Karang Taruna, Danau ini dapat dikemas dengan apik dan menjadi objek wisata pilihan yang ada di kabupaten Siak.

"Kita sangat mendukung destinasi baru ini dibuka, nantinya tidak hanya kita pasarkan untuk wilayah Riau saja, bahkan Nasional," pintanya.

Ia berharap pemerintah kampung dan Pokdarwis memikirkan sebuah konsep agar kawasan wisata ini dikelola dengan baik.

"Ya, kita minta nanti kawan-kawan siapkan bahan eksposnya dan permohonan ke kita, Nanti kita undang dinas-dinas untuk memberikan masukan dan saran terkait pengelolaan objek wisata Danau Telago Batin Bungsu Minas Jaya Ini," tutupnya.

Luas areal kawasan danau mencapai 100 hektar, saat ini di kelola oleh Kelompok Sadar Wisata dan Karang Taruna.