PPKM di Pekanbaru Turun Level 3

firdausssss.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kota Pekanbaru bakal turun ke PPKM level 3 setelah perpanjangan PPKM level 4 berakhir pada, Senin 6 September 2021 besok. Satgas Penanganan Covid-19 sudah melakukan evaluasi sementara terkait perpanjangan PPKM level 4.

"Hasil evaluasi sementara tim satgas di Kota Pekanbaru, kita sudah turun ke PPKM level 3," terang Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Minggu 5 September 2021.

Menurutnya, tim satgas melakukan evaluasi setiap awal pekan. Ia pun masih menanti hasil evaluasi perpanjangan PPKM level 4 di satgas nasional. Ia sangat berharap Kota Pekanbaru bisa turun dari level 4 ke level 3.

Firdaus mengatakan, selama perpanjangan PPKM level 4 terjadi penurunan kasus Covid-19. Saat ini kasus aktif Covid-19 di Kota Pekanbaru sebanyak 1.783 kasus.


"Memang kasus harian fluktuatif, tapi ada tren penurunan dari PPKM sebelumnya. Maka kita berharap bisa turun level, minimal level 3," terangnya.

Firdaus menilai adanya penurunan dari level 4 menjadi level 3 membuat pemerintah kota bisa mengambil langkah pemulihan ekonomi. Pemerintah kota berupaya memulihkan kondisi ekonomi secara bertahap.

Ia juga berencana menggelar belajar tatap muka secara terbatas di sekolah. Apabila terjadi penurunan level PPKM di Kota Pekanbaru.

Pemerintah kota masih menanti kebijakan satgas pemerintah pusat. Walau dari hasil evaluasi sementara ada penurunan level. "Maka jangan lengah, masyaarakat harus tetap menjaga protokol kesehatan," paparnya.