Tidak Hanya Kulit Harimau, Pria Ini Juga Jual Taring Beruang dan Janin Rusa

penjual-kulit-harimau.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tidak hanya kulit Harimau Sumatera, ternyata pelaku perdagangan Satwa liar, BTS (58) juga menjual bagian tubuh satwa liar lainnya.

Petugas turut menemukan dua ekor janin rusa dan empat taring beruang yang akan dijual oleh pelaku.

Menurut Plh BBKSD Riau Hartono, pelaku dibekuk tim gabungan di jembatan Sungai Aru, Kelurahan Muara Lembu, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi, Minggu, 29 Agustus 2021.

"Tidak hanya kulit Harimau Sumatera, barang bukti yang ditemukan juga ada 4 buah taring beruang dan dua ekor janin rusa," ucap Plh Kepala BBKSDA Riau, Hartono kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 30 Agustus 2021.


Hartono mengatakan, butuh waktu tiga minggu melakukan penelusuran dan pengumpulan bahan untuk mengungkap kasus ini.

"Pada hari Minggu, 29 Agustus 2021 tim mendapatkan informasi akan ada transaksi sekira pukul 08.00 WIB. Sekira pukul 17.00 tim berangkat melakukan penelusuran di Desa Sekeranji, Kecamatan Singingi, Kabupaten, Kuantan Singingi," terangnya.

Sekira pukul 22.30 WIB, tim gabungan berhasil mengamankan pelaku yang membawa kulit harimau sumatera, empat taring beruang, dua ekor janin rusa serta parang yang digunakan untuk menguliti harimau.

"Saat ini pelaku dan barang bukti dibawa ke Mapolda Riau jalan Pattimura Pekanbaru untuk proses penyelidikan selanjutnya," tutup Hartono.