Kaesang dan Temannya Rusak Kebun Warga di Riau, Begini Respons BBKSDA

Kaesang-dan-Dodo.jpg
(BBKSDA Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kaesang dan Dodo berulah dengan merusak perkebunan warga di sekitar Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau.

 

Akhirnya kedua gajah liar jantan ini dievakuasi oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau bersama Balai Taman Nasional Teso Nillo dan TNI-POLRI.

 

"Kaesang (10) dan Dodo (6) merupakan gajah liar yang telah merusak perkebunan warga di Kabupaten Inhu," ucap Kabid KSDA Wil I, Andri Hansen Siregar, Minggu, 22 Agustus 2021.

 

Sebelumnya, tim telah beberapa kali melakukan upaya penggiringan, namun belum berhasil. Selain itu ditemukan barang yang mengancam nyawa gajah liar ini, sehingga dilakukan translokasi.

 

Kaesang dan Dodo, dua gajah liar Sumatera dievakuasi dan ditranslokasi/BBKSDA Riau


 

"Upaya yang kami lakukan bersama tim cukup berat, butuh beberapa hari untuk mengevakuasi hingga akhirnya berhasil dinaikkan ke atas mobil dan dibawa ke Taman Nasional Teso Nillo," terangnya.

 

Hansen juga menjelaskan, sebelumnya dievakuasi, dua ekor gajah liar ini dipancing terlebih dahulu dengan gajah latih.

 

"Sebelum kita evakuasi, kita telah menempatkan gajah latih, beberapa waktu kemudian, Kaesang dan Dodo terpancing dan ikut makan bersama gajah latih," pungkasnya.

 

Kegiatan evakuasi dan translokasi ini berjalan dengan waktu cukup lama hingga pukul 04.00 WIB.