Kepala BNPB Ganip Warsito Sampaikan Arahan Presiden Jokowi di Riau, Apa Saja?

ganip.jpg
(WAYAN/ RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Ganip Warsito mengatakan ada empat arahan disampaikan Presiden RI Joko Widodo dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Riau.

Ia menyebut, keempat arahan itu mulai dari mengendalikan mobilitas masyarakat, meningkatkan testing, tracing kemudian menata treatmentm lalu meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

"Malam ini saya bersama-sama melaksanakan rapat Koordinasi dalam rangka pengendalian kasus Covid-19 yang terjadi di Provinsi Riau. Dari hasil diskusi dan evaluasi, kita bersepakat untuk sama-sama bisa melaksanakan arahan dari Bapak Presiden," kata Ganip Warsito, usai acara rapat koordinasi di Gedung Daerah Balai Serindit, Sabtu, 07 Agustus 2021 malam.

Dia menjelaskan pertama, tentunya secara bersama-sama akan mengendalikan mobilitas masyarakat yang terjadi di Provinsi Riau.

"Dengan melaksanakan PPKM Level 4 untuk Kota Pekanbaru, dan kabupaten/kota lainnya dengan sebaik-baiknya. Kita mengimbau, mengajak masyarakat Pekanbaru dan kabupaten/kota di Provinsi Riau untuk sama-sama mentaati peraturan PPKM yang sudah dimaklumkan untuk kita laksanakan bersama," ujarnya.

Lanjutnya, di mana penerapan disiplin protokol kesehatan Covid-19 yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak atau menghindari kerumunan menjadi penting.


"Substansinya kita harus melaksanakan disiplin terhadap protokol 3 M. Paling tidak, Presiden sudah menyampaikan wajib kita semua menggunakan masker. Karena masker ini adalah proteksi yang paling depan, paling utama untuk bisa kita terhindar dari paparan virus Covid-19 ini," ungkapnya.

Selanjutnya juga peningkatan testing dan tracing sesuai arahan Presiden.

"Kedua, kita juga diminta untuk meningkatkan pelaksanaan testing, tracing, untuk mengetahui dan memisahkan yang terpapar dengan yang kontak erat, sehingga kita bisa memutus mata rantai penularan Covid-19," paparnya.

"Ketiga, kita juga diperintahkan untuk menata treatmentnya untuk membangun tambahan isolasi terpusat (Isoter). Agar bisa dijadikan suatu tempat untuk mentreatment warga kita yang terpapar Covid-19 sehingga lebih baik lagi," imbuhnya.

Menurut Ganip, kasus-kasus terjadi di berbagai daerah yang sudah ditangani dengan baik, memang salah satu kuncinya adalah menekan mobilitas, menempatkan pasien bergejala ringan dan tanpa gejala diisolasi terpusat.

"Keempat, kemudian yang berikutnya Presiden juga meminta kita semuanya untuk mencapai vaksin dengan cakupan yang lebih luas lagi," jelasnya.

Dia menyebut, dengan keempat langkah ini bisa merubah pandemi menjadi endemi. "Dari keempat hal inilah kita semuanya harus bekerjasama untuk bisa mencapai sasaran akhirnya yaitu pengendalian Covid-19. Intinya demikian yang kita sepakati," katanya.

"Sama-sama akan kita jalankan dalam satu sampai dua minggu kedepan. Mudah-mudahan lonjakan kasus yang terjadi di Provinsi Riau ini bisa segera kita tekan, sehingga kembali kepada angka serendah-rendahnya," pungkasnya.