Antisipasi Lonjakan Covid-19, Pemprov Siapkan 2 Lokasi Rumah Oksigen

Mimi-Yuliani-Nazir7.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, Pemerintah Provinsi Riau bergerak cepat dengan menyiapkan dua lokasi rumah oksigen.

 

Dua lokasi tersebut yakni Landasan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin dan Gelanggang Olahraga Pekanbaru.

 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan ada 200 tempat tidur yang disediakan di Lanud Roesmin fan 90 tempat tidur di gelanggang olahraga.

 

"Ini persiapan kita untuk antisipasi apabila ada lonjakan kasus yang lebih tinggi lagi, jadi kita sudah mempersiapkan rumah oksigen di 2 tempat tersebut," ucap Mimi, Selasa, 2 Agustus 2021.

Selain itu, Rumah oksigen tersebut juga dijadikan tempat inap bagi warga yang terpapar Covid-19 seperti di tempat isolasi rumah sakit darurat yang berada di Asrama Haji Provinsi Riau Pekanbaru.

 

"Rumah oksigen di Lanud ada instalasinya, karena ada produksi oksigen di daerah Lanud, sedangkan di Gelanggang remaja kita menggunakan tabung oksigen," terangnya.


 

 

 

 

Beberapa hari sebelum, Gubernur Riau sudah meninjau dua lokasi yang dijadikan rumah oksigen tersebut.

 

"Kita juga sudah rapat dengan Forkopimda dan pengusaha untuk memberikan masukan daripada pembangunan rumah oksigen ini. Ahamdulillah kemarin juga sudah ada yang mendonasikan untuk pelaksaan rumah oksigen tersebut," pungkasnya.