Bakal Ada Proyek Besar di Riau, Warga Diminta Jangan Naikkan Harga Tanah

Syamsuar116.jpg
(Wayan Sepiyana/RiauOnline)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan adanya penambahan listrik terbarukan di Provinsi Riau yang akan dikerjakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

 

Ia melanjutkan bahkan Menteri ESDM meminta untuk mempersiapkan lokasi atau tempat untuk melaksanakan proyek strategis tersebut.

 

Dimana proyek energi terbarukan ini juga akan dinikmati dan diekspor ke negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

 

"Disampaikan Menteri ESDM ada penambahan listrik di Riau. Bahkan juga minta mempersiapkan daerah yang memungkinkan tersedianya energi terbarukan, baik untuk Malaysia maupun Singapura," kata Syamsuar, Rabu, 28 Juli 2021.

 

 

Syamsuar pun langsung memberikan usulan untuk yang dekat dengan Singapura yaitu di Pulau Burung.


 

"Kami usulkan Riau yang dekat dengan Singapura itu adalah Pulau Burung di indragiri Hilir, lebih kurang 130 kilo menuju ke Singapura. Jadi, kita siap tentunya investasi ini disana," tegasnya.

 

Lanjutnya, kemudian untuk yang dekat menuju arah ke Malaysia yaitu ada tiga pulau. "Seandainya kalau Malaysia kami menawarkan ada tiga pulau yaitu mulai dari Pulau Rupat, Pulau Bengkalis, dan Pulau Rangsang. Nanti terserah mana yang dipilih yang dekat dengan Malaka," sebutnya.

 

 

 

 

Pihaknya mengingatkan masyarakat jika nantinya lahan atau tanahnya masuk dalam proyek strategis itu agar tidak menaikan harga pembebasan lahannya.

 

"Harapan kami kepada rekan-rekan semua, kiranya nanti kalau ada pembebasan lahan jangan terlalu tinggi. Agar nanti pembangunan energi terbarukan ini bisa juga dinikmati negara seberang dan itu bagian ekspor dari energi terbarukan dari Provinsi Riau," pungkasnya.