Riau Kembali Berasap, Rohil Sumbang 51 Titik Panas, Gubernur Bilang Begini

Karhutla-Pelalawan2.jpg
(Pemadam Kebakaran Pelalawan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau Syamsuar mengatakan saat ini masih terus memonitor lokasi kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) yang ada di beberapa daerah, seperti di Rokan Hilir dan Rokan Hulu.

 

Ia menyebut sedang dilakukan pemadaman dan pendingin di lokasi Karhutla. "Iya Karhutla tetap menjadi penanganan kita, kami tetap memonitor," kata Syamsuar, Jumat, 23 Juli 2021.

 

"Saat ini memang yang ada itu di Rokan Hilir dan ini juga sudah tertangani. Walaupun sekarang masih ada juga tumbuh di beberapa lokasi," sebutnya.

 

Dia juga sudah menerima laporan terkini upaya pemadaman yang dilakukan petugas. "Tapi itu sudah tetap di padamkan dan sekarang dalam rangka pendinginan. Termasuk di Bukit Suligi, Rokan Hulu," bebernya.

 

"Ini saya juga sudah mendapatkan laporan sudah padam sebenarnya, sekarang juga dalam rangka pendinginan terus dilanjutkan oleh masyarakat, petugas kita di lapangan, baik TNI, Polri termasuk Masyarakat Peduli Api," sambungnya.

 

Pihaknya menghimbau agar masyarakat tidak melakukan pembukaan lahan dan hutan dengan cara membakar.


 

 

 

"Iya harapan kami kalau masyarakat membuka lahan harus sesuai prosedur, karena bagaimana pun kalau tidak sesuai prosedur. Tentunya akan dilakukan penegakan hukum oleh aparat hukum yang ada di lapangan," tegasnya lagi.

 

Adapun jika nantinya masyarakat dan pihak terkait lainnya melakukan pembukaan lahan dan hutan dengan membakar maka akan ditindak secara hukum.

 

"Setahu kami, Polisi akan tahu ini kalau ini ada usaha pembakaran disengaja akan ditindak secara hukum," pungkasnya.