Hadiri Pelantikan Taruna Kemaritiman Politeknik Bengkalis, Ini Pesan Kasmarni

taruna-poltek.jpg
(andrias)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Forkopimda menghadiri upacara pelantikan Taruna/Taruni Jurusan Kemaritiman Politeknik Bengkalis angkatan ke VI tahun ajaran 2021, Kamis 8 Juli 2021 di Desa Simpang Ayam, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Bupati Bengkalis Kasmarni, dalam sambutanya menyampaikan selamat pelantikan para taruna.

"Taruni ini agar dijadikan momentum sebagai titik awal adik adik untuk menanamkan komitmen serta semangat untuk menimba ilmu serta mengembangkan ilmu kemaritiman dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pembinaan mental, kedisiplinan dan tanggungjawab yang tinggi agar menjadi seorang pelaut yang handal, hebat berkualitas," kata Kasmarni.

Untuk menjadi seorang pelaut handal, berkualitas tentunya tidak mudah, dibutuhkan pendidikan khusus.

"Makanya sebuah keberuntungan bagi taruna dan taruni dapat masuk ke kampus istimewa ini, karena dapat mendalami serta mempelajari dan memahami ilmu kelautan dan ilmu ketatalaksanaan pelayaran, di mana semua itu sangat diperlukan sebagai persiapan memasuki dunia kerja dan dapat menjadi calon pelaut yang mengerti bidang kemaritiman," terang Bupati Bengkalis, Kasmarni.


Diutarakan Kasmarni, saat ini industri maritim Indonesia terus berkembang. Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikelilingi lautan, sehingga luasnya lautan yang dimiliki membuat Indonesia telah menjadi poros maritim Dunia.

"Perkembangan industri maritim tersebut, tentu akan membutuhkan para pelaut yang memiliki kualitas untuk dapat menunjang perekonomian," ujarnya.

Maka itu, diharapkan para taruna taruni agar dapat terus memotivasi diri supaya lebih tertata dan semangat dalam menjalani perkuliahan di kampus kemaritiman politeknik negeri Bengkalis ini.

"Kami yakin, guna mewujudkan visi-misi Bengkalis bermarwah, maju, sejahtera, salah satu point pentingnya adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia. Hal itu kami implementasikan dalam misi pertama pemerintah Bengkalis, yaitu mewujudkan pengelolaan potensi keuangan daerah, sumber daya alam dan sumber daya manusia yang efektif dalam memajukan perekonomian," ujarnya.

Disamping itu, juga sejalan dengan program ketiga dari delapan program unggulan pemerintah Kab. Bengkalis tahun 2021-2026 yakni program bantuan beasiswa pendidikan khusus dan berprestasi.

"Dengan dilantiknya para taruna dan taruni agar dapat selalu menanamkan nilai nilai moralitas sehingga dapat mengubah perilaku dan etika yang lebih baik, teruslah berinovasi dgn mengasah kreativitas dan berkarya, menjadi generasi muda yang berintegritas, berpengetahuan dan terampil dalam msnjalankan tugasnya," pungkasnya.