Jokowi Puji Kapolda Riau Soal Penanganan Karhutla: Bagus Sekali

Irjen-Agung-dipuji-jokowi.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) puji Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-75, Kamis, 1 Juli 2021.

 

Pujian ini disampaikan Jokowi saat pertemuan virtual dengan seluruh jajaran Kepolisian di seluruh Indonesia.

 

"Polda Riau, bagaimana penanganan Karhutla di sana?," tanya Jokowi dalam virtualnya kepada Irjen Pol Agung.

 

Menanggapi hal ini, Irjen Agung Setya Imam Effendi menjelaskan secara detail penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Riau kepada Presiden. 

 

 

 

Jenderal bintang dua tersebut meyakinkan, bahwa di tahun 2021 Karhutla mengalami penurunan drastis dibanding dua tahun sebelumnya (2019 - 2020).

 

"Sampai saat ini, kami bersama TNI, BPBD dan Satpol PP dan unsur lainnya menyiagakan 5.232 personel dalam penanganan Karhutla. Kami juga menyiagakan 6.000 unit mesin pompa air untuk pemadaman," ucap Irjen Agung.

 

Lulusan Akpol 1988 ini juga menyampaikan bahwa penanganan Karhutla di Riau, telah dikolaborasikan antara SDM dengan kecanggihan teknologi, di mana Polda Riau sudah menggunakan Dashboard Lancang Kuning yang kini kecanggihannya juga telah digunakan oleh Polda lain yang rawan terjadi Karhutla.


 

"Kami sampaikan kepada Bapak Presiden, titik api pada tahun 2021 mengalami penurunan, dengan jumlah 641 titik api dengan luas 124 hektar lahan kebakaran. Penurunan tersebut bila dibanding kondisi Karhutla pada 2019 di mana titik api mencapai 11 ribu titik, dan 6.000 titik api pada tahun 2020,," tambahnya 

 

 

 

Usai mendengar paparan Kapolda Riau, Jokowi menyampaikan pujiannya.

 

Orang nomor satu di Republik Indonesia tersebut juga berterima kasih atas upaya dan kerja keras Kapolda Riau beserta jajaran.

 

"Bagus sekali, terimakasih Kapolda Riau," puji Jokowi kepada Irjen Pol Agung.

 

"Saya kira ini hal yang baik untuk ditiru Polda lainnya. Kemudian terimakasih juga atas penanganan Karhutla di sana," tutup Jokowi.