Setor Rp 46 Triliun ke Pusat, Kuansing Cuma Dapat 2,5 Persen Doang

uang49.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN- Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau memberikan kontribusi sekitar 46 Triliun untuk Pemerintah Pusat. Kontribusi tersebut dari berbagai sektor mulai pertanian, perkebunan, industri dan lainnya.

Namun sayangnya besarnya kontribusi yang diberikan Kabupaten Kuansing tersebut tidak diikuti tingginya kucuran dana pusat ke daerah terutama untuk Kabupaten Kuansing.

"APBD kita tahun ini hanya Rp 1,2 Triliun padahal Produk Domestik Regional Bruto (PDRD) kita Rp 46 Triliun ke pusat," kata Pelaksana tugas (Plt) Sekda Kuansing, Agusmandar pada acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Kuansing Tahun 2021-2026 di pendopo Rumah Dinas Bupati Kuansing, Rabu, 30 Juni 2021.

 

 

Agusmandar mengatakan, Kabupaten Kuansing hanya mendapatkan sekitar 2,5 persen Transfer Daerah dan Dana Desa (TKDD). "Sama dengan zakat kita ke Baznas hanya 2,5 persen," sindirnya.

 

 

Menurutnya apabila pusat memberikan 5 persen saja untuk Kabupaten Kuansing, InsyaAllah Bupati akan lebih leluasa membangun Kabupaten Kuansing.

 

"Jadi ini PR kita kedepan, mudah-mudahan bisa terwujud," pungkasnya.