Lampu Penerangan Jalan Umum di Pekanbaru Bakal Diganti Hemat Energi

pju-lampu.jpg
(Laras Olivia/ Riau Online.)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Proses meterisasi Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Kota Pekanbaru masih berlanjut tahun ini. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru kembali melakukan meterisasi terhadap ribuan LPJU.

Dinas melakukan meterisasi totalnya 283 titik LPJU. Ribuan LPJU ini berada di rayon Panam dan Simpang Tiga.

"Jadi tahun ini kita fokus meterisasi di dua rayon tersebut," terang Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso, Jumat 18 Juni 2021.

Ia memaparkan, meterisasi LPJU ini guna menekan tagihan LPJU yang ada di seluruh wilayah kota. Dinas sudah mengelola LPJU sejak tahun 2017 silam.


Awalnya terdata sebanyak 41.332 titik. Dinas bersama PLN pun melakukan pendataan dan verifikasi terhadap LPJU di wilayah Kota Pekanbaru.

Hasilnya ada 37.133 titik LPJU yang tersebar di wilayah kota. Dinas pun melakukan peremajaan terhadap LPJU secara bertahap.

Terdapat 1.907 titik sudah mengunakan LED smart system dan tenaga surya. Pihaknya juga mengganti secara bertahap LPJU yang lebih hemat energi.

Mantan Camat Rumbai Pesisir ini mengatakan bahwa pihaknya sudah menganti LPJU di jalan lingkungan dengan lampu hemat energi. Jumlahnya sekitar 19.168 titik.

Yuliarso tidak menampik masih ada LPJU yang belum menggunakan lampu hemat energi. Pihaknya pun melakukan pergantian LPJU dengan lampu hemat energi.

Pihaknya juga menggesa proses meterisasi terhadap seluruh LPJU. Ia mengaku proses meterisasi sudah berlangsung secara bertahap.

"Kita targetkan untuk wilayah Panam dan Simpang Tiga tahun ini tuntas, agar tagihan LPJU lebih hemat," imbuhnya.