Covid-19 Rohul Gawat, Kelmi Minta Bupati Fokus Penanganan Bukan Pembangunan

kelmi.jpg
(SIGIT/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Anggota DPRD Riau asal daerah pemilihan Rokan Hulu (Rohul), Kelmi Amri menyebut pemerintah Rokan Hulu yang kembali dipimpin Sukiman bersama Indra Gunawan dapat fokus ke penanganan Covid-19 alih-alih ke pembangunan.

"Rohul masih masuk zona merah. Tidak lagi kita bicara tentang pembangunan. Tidak ada artinya jika Covid-19 ini tidak bisa kita kendalikan bersama-sama," Ujar Kelmi, Rabu, 16 Juni 2021.

Ia menekankan agar porsi anggaran Covid-19 diprioritaskan terutama sarana dan prasarana yang masih belum maksimal.

"Kita harapakan pemerintah Rokan Hulu dalam menyusun APBD-P maupun APBD 2022 Sudah saatnya RSUD itu memiliki ruang ICU, ventilator. Agar ke depan bisa menekan angka kematian," harapnya.


Dengan kondisi hari ini dimana penularan Covid-19 yang begitu mudah, pelayanan kesehatan yang maksimal adalah solusi untuk menekan angka kematian.

Ia mengingatkan, tugas pemerintah tidak hanya sekadar berpikir dampak ekonominya saja, menurutnya yang paling penting adalah keselamatan masyarakat.

"Tidak dampak ekonomi yang pertama kita kendalikan. Pertama kita kendalikan itu angka kematian ini," tegas Kelmi

Menurutnya, dana yang digelontorkan untuk penanganan Covid-19 tidaklah sedikit, namun belum maksimal penggunaannya.

"Kita berharap penanganan Covid-19 ini terintegrasi lah di Provinsi dan Kabupaten. Uang yangkita refocussing kan sudah besar. Mungkin karena kita gugup dalam menghadapi situasi ini ada hal wajib yang abai," ungkap Kelmi mengingatkan.