Musim Kemarau, Pemprov Riau Diingatkan Waspada Kebakaran Lahan

manan-mardianto.jpg
(SIGIT/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Memasuki musim kemarau, anggot komisi IV DPRD Riau, Mardianto Manan mengingatkan pemerintah Riau untuk mengantisipasi potensi kebakaran hutan di Riau.

"Kita harap pemerintah lebih mewaspadai kejadian-kejadian itu. Karena ini rutin hampir terjadi setiap tahun, perlu persiapan oleh pemerintah, oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," ujar Mardianto, Senin, 15 Juni 2021.

Berdasarkan data Sipongi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)memasuki Bulan Mei belum terdapat titik api di Riau. Namun bila tak hati-hati bukan tidak mungkin titik api meningkat seperti bulan Februari dan Maret lalu.

Ia mengingatkan, selain pemerintah, kerjasama dan komitmen seluruh pihak mutlak dibutuhkan untuk mencegah musibah tahunan tersebut.


"Kerjasama dengan simpul-simpul seperti masyarakat peduli api yang setiap desa ada, diaktifkan itu. Selain itu perusahaan mempunyai lahan luas itu juga diajak terlibat untuk terlibat di pencegahan api itu," katanya.

Menurutnya, hal ini harus dimaksimalkan sebelum kebakaran terjadi yang berimplikasi pada peningkatan anggaran untuk mengatasinya.

"Kalau itu menggunakan anggaran besar akan berpengaruh, water bombing atau rekayasa hujan misalnya akan sulit dilakukan. Pencegahan itu yang utama," jelasnya.

Selain itu, langkah preventif juga perlu ditegaskan dengan mengingatkan masyarakat dan perusahaan untuk tak memulai aktivitas kebakaran yang berpotensi membesar di musim kemarau.

"Jangan main-main dengan api, siapa yang ketahuan akan diberikan sanksi. Ini harus disampaikan dan ditegaskan pemerintah," tutup Mardianto.