50 Titik Panas Terpantau di Sumatera, Riau Enam Titik

Titik-panas3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau hotspot atau titik panas diindikasikan kebakaran hutan dan lahan di Pulau Sumatera, Minggu, 13 Juni 2021.

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna mengatakan, ada 50 titik panas terpantau di Pulau Sumatera. Titik panas cenderung menurun dibanding hari Jumat lalu sebanyak 64 titik.

"50 titik panas tersebut tersebar di delapan provinsi dengan sebaran terbanyak di Provinsi Lampung," katanya.


Titik panas terbanyak terdapat di Lampung 22 titik. Selanjutnya di Sumatera Barat sebanyak delapan titik. Sumatera Selatan dan Riau masing-masing enam titik. Jambi tiga titik.

"Bangka Belitung dan Bengkulu masing-masing dua titik dan juga Kepulauan Meranti satu titik," ujarnya.

Untuk wilayah Riau, enam titik panas tersebar di lima wilayah yakni di Indragiri Hilir sebanyak dua titik, kemudian Bengkalis, Kepulauan Meranti, Kampar dan Rokan Hulu masing-masing satu titik.

Hampir seluruhnya berada di level rendah dan sedang. Tepatnya dua titik di level rendah dan 20 titik di level sedang.Bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada atau tidak aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 24.0 - 34.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 50 – 95 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 05 – 36 Km/jam.