Kementerian Pertahanan Bakal Tinjau Rencana Pembangunan Food Estate di Riau

kemenhan-ri.jpg
(Diskominfotik Provinsi Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI mendukung rencana pembangunan Food Estate di Provinsi Riau.

Ia menyebut tim Kemenhan RI akan segera mengunjungi Riau.

"Kemhan RI akan segera menurunkan tim untuk menyelesaikan usulan pembangunan Food Estate di Riau," kata Syamsuar, Kamis, 10 Juni 2021, saat berada di Gedung Kemhan RI, Jakarta.

Lanjutnya, Kemhan juga akan menyusun langkah strategis untuk mendukung Pemprov Riau agar mendapat dukungan dari Kementerian LHK khususnya dalam penggunaan kawasan hutan untuk ketahanan pangan.


"Kemhan juga akan mempelajari potensi komoditas tanaman pangan yang sesuai dengan karakteristik lahan di Provinsi Riau. Arahan sementara adalah singkong," ungkapnya.

Dia menuturkan Kemhan juga akan mempelajari kondisi sensitivitas wilayah untuk mencegah timbulnya konflik.

"Kita tentu saja sangat menyambut baik komitmen dari Kemhan ini. Tentu saja dari kita Pemprov Riau juga siap menyempurnakan data-data teknis guna mendukung pembangunan Food Estate ini," pungkasnya.

Seperti diketahui, Pembangunan Food Estate termasuk salah satu prioritas pemerintah dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional. Sebelumnya, Pemprov Riau juga sudah mendapat dukungan dari Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo.

Sekadar informasi, Gubernur Riau Syamsuar bersama Kadis LHK Makmun Murod, Kadis PUPR dan PKPP M Taufiq, serta Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau Emri Juliharnis bertemu dengan Kemhan RI yang diwakili oleh Irjen Kemhan Letjend TNI Ida Bagus Purwalaksana, didampingi Brigjen Yos Trioso SE selaku Irjen IV Kemhan RI.