Ada 119 Titik Panas Terpantau di Sumatera, Riau Sumbang 22 Lokasi

Titik-panas4.jpg
(bpbd pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya hotspot atau titik panas di Pulau Sumatera, Selasa, 8 Juni 2021. Titik panas ini terpantau naik dibanding hari yang lalu. 

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Yasir mengatakan, ada 119 titik panas yang terpantau di Pulau Sumatera dari hari lalu yang terpantau 42 

 

"119 titik panas tersebut tersebar di sepuluh provinsi dengan sebaran terbanyak di Provinsi Sumatera Selatan, lalu menyusul Lampung," katanya. 

 

Untuk sebaran titik panasnya sendiri, Aceh ada  satu titik. Sumatera Utara ada lima titik. Sumatera Barat ada enam titik. Jambi ada 17 titik. Kepulaun Riau satu titik. Bangka Belitung ada delapan titik. Sumatera Selatan ada 30 titik. Lampunh ada 27 titik. 

 


"Bengkulu ada dua titik, sedangkan Riau ada 22 titik," ujarnya. 

 

Untuk wilayah Riau, titik panas berada di Kabupaten Bengkalis empat titik, Siak satu titik, Kampar empat titik, Kuantan Singingi satu titik, Pelalawan ada lima titik, Rokan Hulu empat titik. 

 

 

"Rokan Hilir satu titik, Inhu satu titik, dan Inhil satu titik," jelasnya. 

 

Dari beberapa jumlah diatas, hampir seluruhnya berada di level rendah dan sedang. Tepatnya dua titik di level rendah dan 20 titik di level sedang. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada atau tidak aktivitas kebakaran hutan dan lahan.