5.049 Calon Jamaah Haji Asal Riau Kembali Batal Berangkat Imbas pandemi

rahmad-suhadi.jpg
(madi/ Riauonline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 5.049 calon Jemaah haji kembali batal berangkat pada tahun 2021 karena dampak pandemi Covid-19.

Kasi Bina Haji Reguler dan Advokasi Haji Kanwil Kemenag Riau, Rahmad Suhadi mengatakan, data calon Jamaah haji sebanyak 5.049 orang tersebut merupakan data pada tahun 2020 lalu.

“Jadi di Provinsi Riau pada tahun ini sama dengan tahun 2020, jumlah calon Jemaah haji yang batal berangkat berjumlah 5.049,” ucapnya, Senin, 7 Juni 2021.


Rahmad Suhadi menambahkan, keputusan pembatalan keberangkatan haji pada tahun ini berdasarkan keputusan dari Menteri Agama.

“Pada tahun ini belum ada pelunasan biaya ibadah haji karena belum ada ketetapan dari pemerintah tentang berapa jumlah dana yang akan dilunasi oleh jemaah haji,” terangnya.

ia menjelaskan, karena pembatalan keberangkatan ibadah haji tahun 2021, hingga kini belum ada Jamaah yang menarik biaya pelunasan.

“Jemaah yang menarik biaya pelunasan pada tahun ini tidak ada, dan itu tidak akan mengganggu peluang mereka melakukan ibadah haji pada tahun yang akan datang,” tuturnya.