Pasien Covid-19 Gejala Ringan Isolasi Mandiri Di sini Aja, Yuk Intip Fasilitasnya!

isolasi-asrama-haji.jpg
(Diskominfotik Provinsi Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar mengaku telah menyiapkan fasilitas ruang isolasi mandiri untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan di Gedung Asrama Haji Provinsi Riau, Jalan Mekar Sari, Tangkerang Selatan, Pekanbaru.

Ia menyebut, langkah ini sebagai upaya untuk mengantisipasi adanya penambahan kasus pasien positif Covid-19.

"Barusan tadi kami melakukan peninjauan Gedung Asrama Haji untuk persiapan penambahan tempat isolasi mandiri pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan," kata Syamsuar, kepada RiauOnline, usai penyerahan paket sembako di Kompleks Gedung Daerah Provinsi, Minggu, 06 Juni 2021.

Ia menyebut, saat ini sudah ada tiga tempat isolasi pasien positif Covid-19 dari pemerintah provinsi.

"Nah untuk isolasi mandiri-kan dari Pemda ada tiga tempat. Penambahan Gedung Asrama Haji ini untuk mengantisipasi kalau ada penambahan lagi dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19," ungkapnya.


Dia melanjutkan, untuk kapasitas bisa menampung jumlah pasien positif Covid-19 sebanyak 280 orang.

"Kita sudah persiapkan Asrama Haji untuk warga kita yang positif khususnya yang gejala ringan. Jadi, kapasitasnya 280 orang, saat ini sudah siap untuk digunakan," imbuh Mantan Bupati Siak itu.

Lanjutnya, bagi pasien gejala ringan yang dirawat juga disediakan tim dokter di Gedung Asrama Haji tersebut.

"Ya tempat di sini ada tim dokter sudah siap dan perawat sudah siap. Nanti juga akan ada beberapa tenaga kesehatan yang akan disiapkan di sini. Tentunya, ini upaya penanganan Covid-19 agar terlaksana dengan baik," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan penambahan kapasitas tempat tidur pasien isolasi mandiri (isoman) Covid-19 dengan gejala ringan disiapkan satu block.

"Sama aja dengan tempat isoman sebelumnya. Tahap awal disiapkan 1 blok dengan kapasitas 80 kamar dengan 240 tempat tidur," kata Mimi, kepada RiauOnline, Minggu, 06 Juni 2021.

Ia juga menceritakan fasilitas pendukung untuk pasien Covid-19 yang isolasi mandiri sudah lengkap.

"Ada tim medis, pengamanan, ruang pemeriksaan, tempat olahraga," pungkasnya.