Edyanus Dorong Kebijakan Lockdown Cegah Covid-19, Begini Strateginya

Dr-Edyanus-Herman-Halim2.jpg
(Robi Susanto/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Pakar Ekonomi dari Universitas Riau, Edyanus Herman Halim menilai pemerintah harus bersinergi dengan berbagai komponen untuk menanggulangi Covid-19 terutama dalam upaya-upaya preventif.

Menurutnya, jalan paling ampuh untuk menanggulangi penularan dengan menutup semua pintu keluar masuk Riau dengan penerapan lockdown.

"Di Riau sendiri dilakukan lockdown paling kurang 20 hari. Untuk itu harus ada program bersama dari semua komponen dan pemerintah menjadi leading sektornya. Jangan ada pula oknum-oknum aparat yang memanfaatkan itu untuk menangguk keuntungan sendiri," jelasnya kepada riauonline.co.id.

Edyanus yang juga dikenal sebagai Pemangku Adat Rantau Kuantan ini menyebut, pola penyadaran akan pentingnya lockdown dilakukan dengan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat. Distribusi kebutuhan ekonomi dalam suasana lockdown dilakukan melalui level pemerintahan terbawah.


"Mulai dari RT RW dengan mengerahkan semua potensi, baik pemerintah maupun swasta secara terencana dan masif. Harus dikawal betul agar tidak terjadi kebocoran dan pengibulan. baik oleh oknum aparat maupun oleh oknum petugas dilapangan," paparnya.

Lanjutnya, penting sekali untuk melakukan stay at home bersama dan pola siskamling harus dikuatkan. Hal tersebut untuk mencegah orang melakukan pelanggaran dengan berbagai dalih dan persoalan.

"Tindakan kuratif justru akan menimbulakn banyak korban dan biaya yang sangat besar. Apalagi ketersediaan rumah sakit dan fasilitas kesehatan kita sangat terbatas dan kualitasnya pun kurang memadai. mengobati Covid-19 membutuhkan biaya besar bagi mereka yang imun tubuhnya rendah," terangnya.

Dosen yang mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini menyebut, sosialisasi yang baik harus ditingkatkan dengan melibatkan tokoh masyarakat dan bukti kongkrit. Implementasi prokes dan vaksinisasi sangat diperlukan agar penanggulangan Covid-19 dpat terselenggara dengan baik.

"Termasuk dalam keterbukaan dan akuntabilitas anggarannya haruslah lebih baik. Bila sistem dan perlakuannya dapat dipercaya maka masyarakat tidak akan sulit untuk diajak berpartisipasi," katanya mengingatkan.